Program Kampoeng Al-Qur'an 2021, Resmi Dibuka Wakil Bupati Aceh Utara

author photoRedaksi
19 Apr 2021 - 16:36 WIB

ACEH UTARA - Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf membuka secara resmi program Kampong Al-Quran 2021 (20 Hari Bersama Alquran), di Mesjid Besar Al-Khalifah Ibrahim Matangkuli , Minggu (18/04/21).

Kegiatan yang bertemakan "Aneuk Malem Meuwawasan, Matangkuli Meugiwang" tersebut dilaksanakan oleh Ikatan Masyarakat Pelajar Matangkuli (Impelma) Banda Aceh dan Remaja Mesjid Besar Al-Khalifah Ibrahim Matangkuli dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

Ketua Panitia Pelaksana, Hafiz Al Mansuri, didampingi sekretaris, Andi Miswar dan Aidil Fitrah melaporkan bahwa program kampoeng Alquran spesial ramadhan di tahun 2021 tersebut dilaksanakan selama 20 hari dan diikuti oleh 220 santri yang telah terdaftar dengan program Tahfidz Alquran, Tahsin Alquran, Bahasa Arab dan Iqra' serta akan diwisuda kan pada malam idhul fitri 1442 H.

"Iya Acara ini Kita mulai hari ini, 06 ramadhan bertepatan dengan 18 April 2021 dan akan berlangsung s.d 07 Mei 2021, serta kita telah menghadirkan tenaga Pengajar yang sangat profesional di bidangnya, yaitu 8 orang guru tahfiz 30 Juz yg ahli tafsir quran lulusan dari mesir dan madinah, 2 guru bahasa arab dosen dari Ma'had Aly Babusaalam Al Hanafiyyah dan 6 orang guru tahsin quran, juara MTQ provinsi serta 2 orang guru iqra'" Ujar Hafiz

Ketua Remaja Mesjid Besar Al Khalifah Ibrahim Matangkuli, Tgk M. Jafar Sulaiman didampingi Sekretaris Tgk Zulfadli Hasan mengatakan bahwa spesial ramadhan Kampoeng Alquran 2021 ini telah kita gratiskan untuk puluhan anak yatim.

"Alhamdulillah, program kampoeng Alquran 2021 ini kita gratiskan biaya Pendidikan kepada Puluhan Anak yatim, karena momentum ramadhana ini juga kita arus utamakan berbagi dan peduli keada anak yatim, di mana mereka juga layak kita fasilitasi untuk meraih pendidikan berbasis Alquran"

Ketua Impelma Banda Aceh, Rifki Ismail, S.Ag  dalam Sambutannya  mengatakan bahwa Orientasi setiap mahasiswa dan pemuda terbaik adalah sebagai pemecah masalah bukan sebagai Trouble Maker atau Pembuat Masalah.

"Setiap Anak yang Hebat itu terwujud bukan karena kemampuan melainkan karena kemauan, maka Hari ini, Program Kampoeng Al-Quran 2021 ini diharapkan mampu menjadi spirit dan daya tarik bagi setiap santri dalam mencintai dan terus giat belajar membaca dan menghafal al-Quran"Ujar Rifki, maka inilah yang disebut proses pembiasaan yang baik" Tegas Rifki.

Dalam kesempatan itu juga rifki mewakili seluruh panitia, mengucapkan terimakasih  kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan, bantuan dalam bentuk apapun hingga suksesnya terlaksana pembukaan program kampoeng Alquran 2021, serta memohon terus masukan dan bimbingan atas kekurangan yang ada di pihaknya, demi lahirnya perbaikan yang baik di masa depan.

Sementara itu, Abu Raja Imam Mesjid Besar Alkhaslifah Ibrahim, Tgk. H. Muhammad Yusuf mengucapkan Apresiasi dan Penghargaan kepada Impelma Banda Aceh, Remaja Mesjid Besar Al Khalifah Ibrahim dan seluruh panitia pelaksana yang telah menggelar kegiatan kampoeng  alquran kembali megah dan bersahaja di mesjid yang mulia  .

Dalam kesempatan yang sama, mewakili Penasehat Impelma Banda Aceh, bapak H. Murni SE, MM yang juga merupakan kepala Sekretariat MPU Aceh menyampaikan apresiasi dan siap mendukung penuh jalannya program Alquran 2021 ini hingga mencapai kesuksesan di malam wisuda para santri serta berharap juga terus dapat berlanjut di tahun-tahun berikutnya hingga program tersebut dapat dijadikan icon Aceh Utara atau bahkan Aceh Nantinya.

Sementara itu, Wakil Bupati Aceh Utara, Bapak Fauzi Yusuf dalam Sambutannya Seiring membuka secara resmi kegiatan Program Kampoeng Alquran 2021 yang akan berlangsung sampai dengan 20 hari ke depan sangat mengapresiasi dan mendukung Penuh serta berharap di tahun yang akan datang dapat dikembangkan ke tingkat Aceh Utara dan Menjadi Icon terbaik di provinsi Aceh.

"Di Matangkuli telah terbentuk satu program yang mulia ini sebagai wadah memahami dan menyelematkan generasi emas Aceh utara dari bahaya wawasan menyimpang dan kebathilan, maka kami juga berharap panitia bisa mengembangkan kegiatan ini hingga mampu dinikmati dan dapat diikuti oleh seluruh putra putri terbaik Aceh Utara, dan Mudah-mudahan ini bisa menjadi contoh teladan terbaik di provinsi Aceh

Terakhir, Fauzi Yusuf juga berharap agar segenap unsur panitia dan Pemuda Matangkuli terus dapat merawat kekompakan demi terciptanya  ruang kreavitas yang baik sebagai prestasi hebat di suatu saat nanti.

Acara ini berlangsung dengan penuh khidmat yang ditutup dengan pembacaan Doa oleh Ketua Tastafi Aceh Utara, Waled H. Sirajuddin Hanafi dan juga merupakan pimpinan Dayah Babussslam Al Hanafiyah Matangkuli, Semoga  Senantiasa selalu berada dalam ridha dan Ampunan Allah SWT.
KOMENTAR