Arahan HRD Untuk Para Keuchiek, Cermati Permendes Nomor 13 THN 2020

author photoM. Sulaiman
30 Mar 2021 - 00:54 WIB

JAKARTA- Anggota Komisi V DPR RI Daerah Pemilihan Aceh 2 H Ruslan M Daud (HRD) melakukan pengarahan kepada ratusan Keuchiek yang berasal dari Enam Kecamatan (Gandapura, Samalanga, Juli, Peusangan Siblah Krueng, Peudada, Kuala) Kabupaten Bireuen. Pengarahan tersebut berlangsung di hotel Golden Flower Bandung, Jawa Barat. (29/03/2021). 


Sesaat setelah  penutupan Bembingan Teknis nasional tentang optimalisasi dan skala prioritas penggunaan dana desa tahun 2021, pengelolaan keuangan desa dan aset Desa berbasis aplikasi serta peraturan pemerintah nomor 11 tahun 2021 tentang Badan Usaha Milik Gampong/Desa (BUMDES).


HRD menyampaikan tentang pentingnya pemahaman yang utuh oleh aparatur pemerintahan Gampong terhadap semua aturan pelaksana yang ditapkan pusat. Ini penting saya sampaikan karena terkait dengan perencanaan, pelaksa naan dan pertanggungung jawaban keuangan negara harus sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku, tegas Anggota DPR RI Fraksi  PKB.


Di sini saya sebagai anggota Komisi V DPR-RI juga harus berperan aktif dalam mengawal guna memastikan Dana Desa tersebut digunakan sesuai dengan perencanaan, yang tentunya untuk kepentingan pembangunan masyarakat Gampong, sebut putra Bireuen dalam arahan singkatnya.


Pada kesempatan itu HRD mengingatkan semua Keuchiek agar dalam perencanaan pembangunan harus mencermati Permendes No.13 tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 (BAB II Pasal 5 Ayat 2) diarahkan untuk program dan kegiatan percepatan pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals), tujuan pembangunan berkelanjutan desa melalui tiga hal yaitu ; pemulihan ekonomi nasional sesuai kebijakan desa, program prioritas nasional sesuai kewenangan desa, adaptasi kebiasaan baru desa, urai sosok yang dikenal akrab dengan para keuchiek tersebut.


Pada penutup arahan HRD mengucap kan selamat dan telah sukses mengikuti acara BIMTEK dan saya berdo'a semoga anda pulang dengan selamat hingga ke kediaman masing-masing, tutup, Bupati Bireuen 2012-2017 terebut.(MS)
KOMENTAR