Distribusi guru tidak merata hambat Mutu Pendidikan di Gayo Lues

author photoKamsah
8 Feb 2021 - 22:01 WIB

BLANGKEJEREN – Wakil Bupati Gayo Lues H Said Sani, meminta Dinas Pendidikan Kabupaten Gayo Lues untuk mendistribusikan guru secara merata guna untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupatengayolues 

"Cuma belum merata karena banyak guru yang numpuk di beberapa sekolah yang ada di Kabupaten. Bahkan ada guru yang tidak memiliki jadwal dan kelas mengajar di beberapa sekolah karena jumlah gurunya berlebih," kata H.Said Sani saat membuka rakor pendidikan Gayolues Di Aula Dinas pendidikan stempat,Senin 8/02/2021.

Di lain sisi, sekolah yang berada di plosok desa mengalami kekurangan guru.

Dengan begitu,Wakil bupati  dengan tegas meminta kepada dinas pendidikan dan pengajaran kabupaten Gayolues harus meningkatkan mutu pendidikan jangan hanya sektor fisik saja,lakukan Evaluasi pemerataan terhadap sebaran guru baik yang ada di kota kabupaten, kecamatan, desa-desa hingga sekolah-sekolah yang berada di hinterland (pelosok).

Selain itu  kata Wabub persoalan  terkait Sumber Daya Manusia yang masih rendah sehingga menyebabkan tenaga pengajar disetiap sekolah masih sangat minim, tentu ini harus ditingkatkan dengan cara memberikan motivasi kepada tenaga pengajar yang akan melaksanakan tes untuk mendapatkan sertifikasi sehingga kedepan SDM yang dimiliki bisa unggul dan memiliki daya saing.

"Kedepan, faktor-faktor yang menjadi penghambat peningkatan kualitas pendidikan itu akan dibenahi," jelas Said Sani. Seraya menegaskan kembali,  bahwa pendidikan merupakan dasar utama, sehingga harus betul-betul dilaksanakan secara serius, dengan harapan agar pihak terkait terutama Dinas Pendidikan melakukan sinergi dengan pihak MPD maupun Kepala Daerah terkait bagaimana agar pendidikan di Gayo Lues terus meningkat kedepannya. 

Padahal kata Said Sani, di Gayo Lues sendiri sudah dibuatkan Motto " Sekolah Bernuansa Islami" namun pelaksanaannya belum berjalan maksimal baik itu karena keterbatasan sarana prasarana seperti tidak tersedianya Musholla atau pun keterbatasan anggaran. 

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Gayo Lues, Kasimuddin, S.Pd, MAP merincikan beberapa sekolah di Kabupaten Gayo Lues telah memiliki nomor registrasi. Dari jumlah total sebanyak 136 sekolah di semua jenjang, baru 119 sekolah yang telah memiliki nomor registrasi, nomor registrasi tersebut berfungsi sebagai penunjang dana BOS. Untuk sekolah yang belum mempunyai nomor registrasi akan segera diurus.

(Kamsah galus)

KOMENTAR