Laboratorium PCR di RS TNI-AD Kesrem Lhokseumawe Mulai Dioperasikan

author photoRedaksi
11 Nov 2020 - 16:47 WIB

LHOKSEUMAWE - Rumah Sakit Kesehatan Korem (RS Kesrem) mulai mengoperasikan laboratorium Biomolekuler pemeriksaan swab Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk COVID-19 sejak Jum'at (6/11) lalu.

"Alhamdulillah, Laboratorium PCR untuk COVID-19 sudah mulai diaktifkan sejak beberapa hari lalu, ada 17 ribu spesimen tes swab yang yang tersedia di RS Kesrem Lhokseumawe," kata Kepala Kesehatan Kodam Iskandar Muda (Kakesdam IM) Kolonel Ckm dr Ismi Purnawan SpJP(K) MARS saat kunjungan ke RS Kesrem Lhokseumawe, Rabu (11/11/2020) Pagi.

Kakesdam IM menyebutkan, sejak dimulainya pengoperasian laboratorium PCR, sudah dilakukan pemeriksaan swab sebanyak 42 pemeriksaan untuk petugas kesehatan dan masyarakat umum.

"Dari total 42 pemeriksaan yang sudah dilakukan, terdapat empat orang positif terpapar COVID-19," ungkapya.

Kolonel Ckm dr Ismi Purnawan menjelaskan, sesuai kebijakan Markas Besar NI-AD, sebanyak 68 Rumah Sakit TNI-AD mendapat prioritas memiliki lap PCR. Dua di antaranya di Aceh, yakni Rumah Sakit Kesdam IM di Banda Aceh dan RS TNI AD Kesrem di Lhokseumawe, ungkapnya.

"Ini merupakan bantuan dari Kemhan, membantu kontainer berisi Lab PCR untuk Rumah Sakit TNI-AD Kesrem Lhokseumawe. Sehingga sampel swab warga setempat tidak perlu lagi dikirim ke Banda Aceh karena adanya bantuan dua alat PCR COVID-19," katanya.

Lebih lanjut Kolonel Ckm dr Ismi Purnawan menyebutkan, selama ini, untuk proses pemeriksaan dibutuhkan waktu lama dan itu tidak menguntungkan dalam rangka mempercepat proses memutus mata rantai COVID-19.

Oleh karena itu, dengan dioperasikannya alat PCR di RS TNI-AD Kesrem Lhokseumawe dapat membantu dan mempermudah mendeteksi orang yang terpapar virus tersebut, ungkapnya.

"Laboratorium PCR di RS TNI-AD Kesrem Lhokseumawe dapat mempermudah mendeteksi orang yang terpapar COVID-19 sehingga kerja tim gugus tugas dalam upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 juga dapat lebih mudah," sebut dr Ismi.

Ia mengharapkan dengan adanya Lab PCR di Lhokseumawe ini bisa menurunkan angka kasus positif COVID-19. Sehingga jumlah pasien yang dirawat pun akan menurun dan angka kematian akan menurun. Itulah harapan pemerintah pusat kepada kita.

Menurutnya dengan adanya mengoperasikan Lab PCR di RS TNI-AD Kesrem Lhokseumawe, pihaknya juga berkolaborasi dengan pemerintah daerah, karena tidak mungkin TNI AD bisa bekerja sendiri. Kemudian juga mengajak semua pihak terkait untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan, harapnya.

"Ini merupakan tugas kita bersama untuk memberikan sosialisasi dan edukasi dalam upaya menyadarkan masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan. Tentunya ini harus kita mulai dari diri sendiri, kemudian kepada orang lain," pungkasnya.

Acara peninjauan PCR turut dihadiri Sekdako Lhokseumawe T. Adnan, Dandenkesyah IM 04.01, Letkol. Ckm. Wawan Supandi, SKM S.Kep MKes, Kepala Rumah Sakit (Karumkit) TNI-AD Kesrem Lhokseumawe Mayor Ckm dr Arif Puguh Santoso SpPD mkes, Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto serta pejabat lainnya yang hadir.
KOMENTAR