Kondisi Sosial Ekonomi Petani Gayo, Diakhir Tahun Memprihatinkan

author photoCitizen Journalism
28 Nov 2020 - 10:52 WIB

Oleh: Hermawansyah, S.Ant

Sebagai individu yang bertempat tinggal di lingkungan masyarakat yang bermata pencaharian sebagai petani, sangatlah dapat merasakan keadan sosial-ekonomi, terlebih permasalahan tersebut amatlah dirasakan secara nyata sekaligus menyentuh sendi-sendi kehidupan saat sekarang ini.
Saat ini tantangan terbesar bagi masyarakat Gayo terkhusus para petani kopi dari segi sosial ekonomi bagaimana caranya pendapatan masyarakat dapat stabil di akhir tahun seperti Saat ini.
Harga kopi yang kian menurun benar-benar membuat sendi-sendi sosial dalam masyarakat mulai runtuh. Keharmonisan antara masyarakat saat sekarang ini dipertaruhkan, kemungkinan banyak konflik dapat terjadi; diantara konflik tersebut maraknya pencurian baik itu dalam skala kecil maupun berskala besar.
Dalam Ilmu sosiologi Max Weber memberikan pandangan terkait integrasi sosial dalam menjawab Setiap konflik yang timbul; legetimasi (kekuasaan) sangat penting menciptakan keharmonisan sosial, peran dari kekuasaan dapat menjawab kesenjangan yang timbul dari sosial ekonomi dengan cara itu kekuasaan wajib dapat menerima segala keluhan serta memelihara sistem sosial yang telah melekat pada masyarakat.

*Penulis Tercatat Sebagai Mahasiswa Pasca Sarjana Sosiologi Universitas Malikussaleh.
KOMENTAR