Ketua Dekranasda Bireuen Bersama Dinsos Salur Bantuan Usaha Ekonomi Produktif dan Non Produktif

author photoM. Sulaiman
25 Nov 2020 - 23:40 WIB

BIREUEN- Ketua Dekranasda Bireuen bersama Dinas Sosial menyalurkan bantuan pemberdayaan ekonomi masyarakat dampak Covid-19, bantuan usaha ekonomi produktif (UEP), serta sembako bagi warga lanjut usia (Lansia) non produktif.

Penyaluran bantuan dilakukan di dua kecamatan, diantaranya Kecamatan Makmur dan Gandapura pada rabu 25 Navember 2020, berbagai upaya dilakukan Pemkab Bireuen melalui Dinas Sosial, untuk dapat meringankan beban hidup bagi Masyarakat dampak Pendemi Covid-19.

Sementara itu bantuan diserahkan secara simbolis oleh Ketua Dekranasda Bireuen, Hj Nurjannah Ali SE MM, didampingi Kepala Dinas Sosial Mulyadi SE MM petugas serta Camat Makmur Azmi SAg, dan Camat Gandapura Mirza Fahmi SSTP MSi, dilokasi terpisah yang dimulai dari pagi sampai siang.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bireuen, Mulyadi SE MM kepada Media TheAtjehNet menyebutkan, bantuan usaha ekonomi produktif bagi warga terdampak Covid-19 dan sembako untuk lansia, diberikan bagi masyarakat di 17 kecamatan, sementara pada hari ini diserahkan secara simbolis di Kecamatan Makmur dan Gandapura.

Bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) berjumlah 250 penerima dengan bentuk bantuan berbagai jenis, diantaranya mesin jahit, usaha buat kue, usaha jualan dikios dan lainnya. Sementara untuk Lansia 200 penerima diberikan beras 20 kg, kacang hijau, susu, gula, dan biskuit. 

"Adapun data penerima diberikan bantuan sesuai dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)," sebut Kepala dinsos Bireuen, dia menjelaskan, mesin jahit diserah simbolis sebanyak 20 unit, untuk Makmur 8 unit dan 12 unit bagi warga di Kecamatan Gandapura.

Lanjut Kadinsos Bireuen Mulyadi, bantuan diberikan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan kegiatan usaha ekonomi produktif. Warga telah memiliki usaha dan selama pandemi dampak kekurangan pendapatan, oleh Pemkab Bireuen melalui Dinas Sosial menyalurkan bantuan guna untuk dapat mendongkrak peningkatan ekonomi bagi masyarakat.

"Selain menyerahkan bantuan mesin jahit di Makmur kami juga menyalurkan bantuan ke 16 rumah lansia," ungkapnya dan lanjutnya, juga ada bantuan sejumlah sembako kerjasama Telkom Aceh Peduli untuk masyarakat daerah telekomunikasi Lhokseumawe area Kabupaten Bireuen.

Selain itu dikatakan. Ketua Dekranasda Bireuen, Hj Nurjannah Ali SE MM turut didampingi Kadinsos Mulyadi SE MM, Camat Gandapura Mirza Fahmi SSTP MSi, berharap bantuan yang diberikan untuk lansia dan untuk usaha ini dapat bermanfaat bagi masyarakat penerima.

Begitu juga mesin jahit yang diberikan kepada ibu-ibu tersebut dapat digunakan dengan sebaik-baiknya semoga usahanya berjalan lancar dan sukses. Untuk ke depan juga dapat berlanjut diberikan bagi warga lainnya.

Sementara untuk tahun 2021 Dekranasda bekerjasama dengan Dinas Sosial, akan membina ibu-ibu penerima mesin jahit sesuai keahlian, menjahit pakaian, kain gorden, merajut dan Dekranasda akan menampung hasil karya dari ibu-ibu," Terang Ketua Dekranasda Bireuen Hj Nurjannah Ali, yang merupakan Istri Bupati Bireuen Dr. H Muzakkar A Gani SH, M. Si.(MS)
KOMENTAR