Dyah Sosialisasi 10 Program Pokok PKK kepada Ketua Tim Penggerak PKK se Kabupaten Bireuen

author photoRedaksi
9 Nov 2020 - 06:30 WIB

BANDA ACEH - Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Dyah Erti Idawati, mensosialisasikan 10 Program Pokok PKK kepada Ketua PKK se Kabupaten Bireuen, dalam Bimtek Peningkatan Kapasitas di Banda Aceh, Minggu 8/11.

"Sebagai mitra kerja pemerintah, Tim Penggerak PKK harus terus berupaya melaksanakan tugas dan fungsi utamanya yakni, memberdayakan dan mensejahterakan keluarga melalui 10 Program Pokok PKK," kata Dyah.

Dyah menyebutkan pihaknya tidak bisa bekerja tanpa campur tangan ibu-ibu Ketua PKK di tingkat gampong. "Yang bersentuhan langsung dengan masyarakat di gampong adalah ibu-ibu semua," kata Dyah.

Karena itu, PKK sebagai sebuah gerakan nasional harus berjalan searah hingga ke tingkat terendah yaitu gampong. Dengan itu tujuan pemberdayaan dan menyejahterakan keluarga bisa terselenggara.

Dyah berharap kaum perempuan selain menjadi ibu rumah tangga di rumah, juga harus bisa menjadi penggerak PKK gampong, serta terus membina para kader. Para kader inilah yang nanti bekerja dan berpartisipasi aktif dalam pembangunan melalui gerakan PKK.

"Libatkan diri secara aktif. Jika ibu sebagai ketua aktif membina kader, tentu partisipasi masyarakat akan meningkat," kata Dyah.

10 program pokok PKK di antaranya adalah penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan dan sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, juga pendidikan dan keterampilan.

Selain itu, peduli kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi dan menjaga serta melestarikan lingkungan hidup dan melakukan perencanaan hidup sehat. []



Ket foto :

Wakil Ketua TP PKK Aceh, Dr. Ir. Dyah Erti Idawati, MT menyampaikan materi kepada peserta Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bireuen di Hotel Grand Nanggroe, Banda Aceh, Minggu (8/11/2020)

KOMENTAR