Wabup Launching Bansos Beras untuk 41.698 KPM di Aceh Utara

ACEH UTARA - Sebanyak 41.698 keluarga di Kabupaten Aceh Utara mendapatkan kucuran Bantuan Sosial Beras dari Kementerian Sosial. Bantuan tersebut mulai disalurkan pada Senin, 21 September 2020, ditandai dengan launching perdana oleh Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf dipusatkan di halaman Masjid Baitul 'Atiq Gampong Geumata Kecamatan Lhoksukon.

Untuk Kabupaten Aceh Utara, Bantuan Sosial Beras (BSB) itu dijatahkan untuk 41.698 keluarga penerima manfaat (KPM) yang merupakan keluarga miskin peserta Program Keluarga Harapan (PKH) pada Kemensos. Bantuan itu diberikan untuk tiga bulan, yakni Agustus, September dan Oktober, sebanyak 15 kg beras per bulan.

Koordinator Program PKH Aceh Utara Jafriadi mengatakan bantuan diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Fauzi Yusuf, langsung diberikan untuk jatah dua bulan, yaitu Agustus dan September, sehingga setiap KPM mendapatkan 30 kg beras.

"Total bantuan BSB untuk tahap I bulan Agustus – September ini 1.259 ton," kata Jafriadi.

Kegiatan launching bantuan BSB itu turut dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial P3A Kabupaten Aceh Utara Zulkarnaini, MPd, pejabat Bulog Divre Lhokseumawe, pejabat Muspika Lhoksukon, para pendamping sosial PKH, petugas transporter dan sejumlah KPM program PKH penerima bantuan beras BSB.

Kepala Dinas Sosial P3A Aceh Utara Zulkarnaini, MPd, mengatakan Bansos Beras merupakan program dari Kemensos melalui Ditjen Pemberdayaan Sosial yang ditujukan untuk 10 juta Keluarga KPM peserta PKH. Jumlah bantuan diberikan sebanyak 15 Kg per KPM per bulan, selama tiga bulan, yakni Agustus s/d Oktober 2020.

"Bulan September disalurkan sebanyak 30 Kg untuk alokasi bulan Agustus dan September. Selanjutnya sebanyak 15 Kg akan disalurkan pada Oktober 2020. Beras yang digunakan sebagai BSB merupakan beras kualitas medium yang dipasok oleh Bulog," kata Zulkarnaini.

Zulkarnaini mengatakan, pihak transporter menyalurkan langsung BSB kepada para KPM dengan mengikuti protokol kesehatan Covid-19. Proses penyaluran turut didampingi para petugas pendamping PKH guna memastikan bahwa beras sampai ke tangan para KPM.

Secara terpisah, Wakil Bupati Fauzi Yusuf mengharapkan penyaluran Bansos Beras tersebut dapat diterima tepat waktu oleh para keluarga KPM. Fauzi meminta para petugas pendamping dapat memantau penyaluran BSB di gampong-gampong.

"Ini sangat membantu para keluarga KPM, apalagi di tengah masa pandemi Covid 19 saat ini," kata Fauzi. []
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru