Perpisahan Libur Idul Adha, Abiya Jeunieb Bakar Semangat Santri Dayah Tu Sop

author photoM. Sulaiman
26 Jul 2020 - 04:36 WIB

BIREUEN- Dayah Babussalam Al Aziziyah Jeunieb menggelar acara perpisahan untuk para santri menjelang libur Idul Adha 1441 H pada Sabtu, (25/07/202). Untuk memotivasi ribuan Santri, panitia pelaksana menghadirkan Tgk M Yusuf Nasir atau Abiya Jeunieb sebagai penceramah. 

Ketua Umum (Rais 'Am) Dayah Babussalam Al Aziziyah Tgk Ihsan Muhammad Jafar disela-sela acara berlangsung menyebut Dayah Babussalam mempunyai dua kategori santri, yaitu santri pendidikan terpadu dan santri pendidikan salafi, keduanya tinggal secara terpisah. menurutnya para santri Dayah Tu Sop itu akan diliburkan pagi ini sesuai dengan kalender akademik Dayah. 

"Kita akan meliburkan para santri mulai pagi ini Ahad, (05 Zulhijjah 1441 H) bertepatan Minggu, 26 Juli 2020, dan kembali masuk ke Dayah pada Ahad, 19 Zulhijjah 1441 H bertepatan Minggu, 09 Agustus 2020 (lebaran ke 10). Bagi para wali santri silahkan menjemput mulai pagi ini," sebut Tgk Ihsan yang juga Ketua Ikatan Penulis Santri Aceh. 

Sementara itu Abiya Jeunieb Ketua Umum Barisan Muda Ummat dalam tausiahnya memberikan motivasi belajar bagi para santri yang sedang mondok, Abiya menceritakan proses awal mula berdirinya dayah ini, kala itu dirinya menjadi dewan guru generasi pertama yang menjadi cikal bakal berdirinya dayah Babussalam, saat ini mereka sudah menjadi guru besar, salah satunya Tgk. Ihsan Ketua Umum Dayah ini.(MS)
KOMENTAR