Rumah Data Kependudukan Kampung Agusen Diresmikan

author photoKamsah
12 Jun 2020 - 11:55 WIB

BLANGKEJEREN - Bupati Gayo Lues H Muhammad Amru, meresmikan Rumah Data Kependudukan (Rumah Dataku ) di Kampung Agusen, Kecamatan Blangkejeren, Kamis (11/6/2020).

Perwakilan BKBN Provinsi Aceh Drs Sahudal Lastri MPd, mejelaskan Rumah Dataku berfungsi sebagai pusat data yang mencakup pengelolaan data kependudukan, data ini bersumber dari rakyat dan untuk rakyat," kata Sahidal.

Dilanjutkannya, BKKBN telah mengusung program "  Bangga Kencana," yang artinya Pembangunan Keluarga Berencana, yang  berkualitas sesuai visi misi  BKKBN untuk  mewujudkan keluarga yang berkualitas dan penduduk yang tumbuh berkualitas.

Sementara Bupati Bupati Gayo Lues, H Muhammad Amru, mengatakan keberadaan data terintegritasi yang ada di rumah Dataku bisa digunakan dan dimanfaatkan. Khususnya untuk perencanaan penggunaan APBDes.

Nanti kata Bupati, dengan data terpadu tersebut bisa mengetahui jumlah anak-anak yang ada, "maka nanti digenjotlah penggunaan dana desa untuk sarana pendidikan anak-anak," sebut Bupati.

Amru juga menekankan program KB bukan hanya melulu soal setiap keluarga hanya memiliki dua anak. Melainkan program KB adalah program yang membantu masyarakat memiliki keluarga yang mapan dan sejahtera baik dari ekonomi, sosial dan budaya.

Di akhir acara, Bupati juga mengaku bangga dengan Kampung Agusen, yang terdiri dari beberapa julukan , antara lain Kampung Inggris, dan Jalannya diberi nama Budi Waseso.

Dalam peresmian Turut hadir, 
 perwakilan BKKBN Provinsi Aceh, Drs Sahidal Kastri,M.Pd, angota DPRK Gayolues ketu PKK Hj Hartati Amru serta beberapa undangan dan sejumlah tokoh 

(Kamsah Galus) 
KOMENTAR