DPRK Aceh Tamiang Kunker ke Gayolues, Peningkatan Jalan Tembus harus Diutamakan

author photoKamsah
19 Jun 2020 - 10:19 WIB

BLANGKEJEREN: DPRK di harapkan Usulkan Peningkatan Jalan Gayo Lues Aceh Tamiang. Jalan pintas Dari Kecamatan Pining Desa Leaten menuju pulo Tiga Tamiang.. Jalan tersebut merupakan akses ekonomi. Hal tersebut di sampaikan Ketua DPRK Gayo Lues H. Ali Husin. SH.  Pada Kunjungan Kerja DPRK Tamiang Ke Gayo Lues.  Pada 17/06/2020.

Pada Kunjungan Kerja Anggota Dewan Aceh Tamiang Ke Gayo Lues dipimpin   langsung oleh Suprianto, ST Ketua DPRK Aceh Tamiang Irwan Effendi,Amd (Ketua komisi III Aceh Tamiang), Rahmad Syafrial,SH (Anggota komisi III). Sarhadi. Desi Amelia,Erawati,is, Juniati, S,farm,Purwati dengan Tujuan mereka ke Gayo Lues untuk melihat sistem Klasifikasi kodefikasi dan nomen Klature perencanaan Pembangunan Dan Keuangan pada DPRK Gayo Lues.

Lebih lanjut Ketua DPRK Gayo Lues Ali Husin mengatakan Jalur Gayo Lues -Tamiang merupakan daerah Terdekat menuju ke setral Pasar di Sumatera Utara sebagai Kiblat perdagangan di kawasan Sumatera.  Lewat Jalur tersebut Masyarakat Gayo Lues hanya membutuhkan Waktu sekira 6 jam saja dibandingkan lewat tanah karo yang mencapai 12 jam.

Saat ini Gayo Lues sudah membangun Jembatan Rangka Baja di desa Lesten Sebagai akses menuju ke Tamiang. Jembatan tersebut sudah diresmikan oleh PLT.  Gubenur Aceh Nova Iroansyah Tahun 2019 yang Lalu sementara tahun 2021 pemeritah Gayo Lues sudah mengusulkan peningkatan jalan tersebut hingga mencapai perbatasan dengan jarak 7 km lagi. Diharapkan DPRK Aceh Tamiang juga mengusulkan peningkatan jalan dari arah Pulo Tiga.

Sementara Anggota DPRK Gayo Lues yang lain Abdul Karim Kemala Derna  menyebutkan jalan tersebut sangat di harapkan bagi Masyarakat Gayo Lues sebagai akses ekonomi dan juga sebagai akses tailasratuhrahmi antara daerah serumpun.jalan tersebut sangat menguntungkan bagi kedua daerah. Baik dalam penigkatan ekonomi juga silatuhrahmi antar dua daerah,  Apalagi suku Gayo Juga ada berdomisili di Tamiang seperti di kecamatan pulo tiga. Diharapkan jalan tetsebut bisa direalisasikan segera.

Ketua DPRK  Tamiang  Suprianto. ST.  Memnyebutkan pada Rencana Pembanguanan Jalan TOL Aceh Sumatera Utara diharapkan Ada Pintu TOl di Pulo Tiga yang mempermudah akses dari Gayo Lues. Namun di harapkan Pemerintah Gayo Lues juga bisa mengusulkan dua pintu masuk tol di dekat kota Tamiang dan Pulo Tiga . Dikuatirkan usulan pemerintah  Tamiang Untuk pintu masuk Pulo tiga  tidak diterima karena akses ekonomi sangat kecil.

Anggota DPRK Komisi III Sahardi menanggapai harapan DPRK Gayo Lues peningkatan jalan Gayo Luwa Tamiang menyebutkan sudah berkali -kali mengusulkan peningakatan jalanTamiang -Gayo Lues tetapi baru dua kalai terealisasi melalui TMMD. Diharapkan kedepan bisa sama sama memperjuangkan peningkatan jalan Gayo Lues-Tamiang melalaui APBD Aceh
KOMENTAR