Cegah Virus Covid 19, Mahasiswa KKN asal Aceh Kampanyekan Cuci Tangan

author photoCitizen Journalism
29 Mei 2020 - 11:40 WIB

JAMBI - "Ayo cuci tangan dengan sabun". Itulah kata-kata yang di teriakan ketua kelompok  181 Universitas Malikussaleh pada saat mengkampanyekan hidup sehat dengan cara mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir guna memutus mata rantai penyebaran virus covid19, Selasa (26/05/2020).

Mahasiswa KKN yang terdiri dari 3 anggota itu terlihat bersemangat mengkampanyekan cuci tangan kepada masyarakat yang sedang mengantri mendapatkan bantuan di lingkungan kantor DINSOS kota jambi. 

"Mumpung keaadaan pas lagi rame jadi kami mengambil kesempatan untuk berkontribusi mengkampanyekan hidup sehat dengan cuci tangan, lagian dengan cuci tangan setidaknya 20 detik kita bisa menghindari penyakit yang bersentuhan langsung dengan kulit, karna menurut yang saya baca 80% dari kasus penyakit menular ditularkan melalui sentuhan tangan, dengan mencuci tangan berarti telah melakukan tindakan untuk mencegah resiko terlular penyakit dan tentunya dengan biaya yang murah" ujar Sepdwian Rabbani, ketua kelompok 181.

Selama masa pandemi COVID-19 ini kita disarankan untuk rajin mencuci tangan karena dalam beraktivitas tangan akan menyentuh benda apapun dan tidak tahu apakah benda yang disentuh terdapat virus, kuman dan bakteri atau tidak. 

Ukuran virus yang sangat kecil dan tidak terlihat oleh mata maka mencuci tangan menjadi langkah yang tepat untuk menghindari penularan penyakit.

"Awalnya kaget ada teriak teriak. Kirain ada apa gitu, pas ditanya ternyata mahasiswa lagi nyuruh kita semua buat nyuci tangan pakai sabun. Senang sih masih ada yang perduli sama rakyat kecil kayak kami semua ini pak, semoga aja anak anak ini bisa sukses terus berguna buat masyarakat kecil kayak kami semua ini pak". Ujar salah satu masyarakat. 

Bagaimana saat tidak ada sabun dan air? Semua tempat tidak menyediakan sabun dan air namun ada cara praktis dengan menggunakan hand sanitizer dengan kandungan minimal 60% alkohol, Center For Disease Control And Prevention (CDC) merekomendasikan sabun dan air untuk memcuci tangan karena lebih efektif membunuh kuman termasuk virus COVID-19. 

Kondisi tangan yang terlalu kotor dan berminyak tidak dapat dibersihkan secara efektif bila hanya menggunakan hand sanitizer saja.

Dimasa pandemi COVID-19 ini ayo kita semua mulai untuk rajin cuci tangan karena saat ini harus mulai untuk hidup bersih agar tidak mudah terpapar virus, hidup bersih dimulai dari menjaga kebersihan tangan karena tanggan menyadi anggota tubuh yang paling sering menyentuh apapun dan jika sudah membiasakan untuk mencuci tangan maka mencegah visus, bakteri, maupun kuman dari tangan berpindah masuk kedalam tubuh, dengan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir minimal 20 detik akan membuat kuman lepas dari permukaan tangan sehingga dapat menghindarkan dari penularan penyakit.

DPL Klp 181, Teuku Azhari, S.Pd.I., M.Ed, sangat mengapresiasi dan menilai kegiatan ini sangat positif karena sangat tepat membantu pencegahan penularan covid-19. (Rel)
KOMENTAR