Akibat Hujan Deras Dua Kecamatan di Kabupaten Bireuen Dihantam Banjir

author photoM. Sulaiman
3 Mei 2020 - 03:45 WIB

BIREUEN- Hujan deras yang mengakibat kan dua kecamatan di landa banjir diantaranya kecamatan Peudada, Jeumpa dalam Kabupaten Bireuen, diperkirakan ketinggian air mencapai 30 sd 40 cm, bencana banjir terjadi pukul 03.56 Sd 17. 45, Wib, pada sabtu (2 Mei 2020).

Adapun laporan bencana banjir di dua kecamatan dalam kabupaten Bireuen, Kepala BPBD Bireuen. Teguh Mandiri Putra S.STP, melalui Petugas PUSDALOPS-PB Regu A. M Rakjab di dampingi TRC Regu A, Razali, S. Sos kepada Media TheAtjehNet Sabtu(2 Mei 2020) malam menyebutkan, Kronologis Bencana banjir di dua kecamatan diantara lain kecamatan Peudada dan kecamatan Jeumpa, diakibatkan hujan deras, sehingga puluhan desa terendam banjir,

Dikarenakan hujan deras melanda kabupaten Bireuen menyebabkan banjir di Dua kecamatan dan puluhan Desa terendam banjir, sementara pada bencana banjir tersebut tidak ada korban jiwa, 

Sementara itu dampak bencana banjir yang mengakibatkan bencana diantaranya, lonsor badan jalan, jembatan serta gorong gorong dengan luas jalan 3,5 M, longsor pinggir jembatan gorong-gorong kiri, 1,8 M, kanan 1 M, kedalaman gorong-gorong 8 M, di Desa Pinto rimba kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen. 

Di samping itu Desa tanjong seulamat kecamatan Peudada kabupaten bireuen 2'8 HA lahan milik Masyarakat petani. Banta (42) dan Fajri (38) ikut amblas tebing jalan, sementara di Desa Abeuk Usong Kecamatan Jeumpa, tergenang air depan rumah warga dengan ketinggian air 30 sd 40 cm, serta Desa blang seupeng dan sebagian air meluap kedalam rumah warga di permuakaan rumah.

Juga di Desa teupok tunong kecamatan jeumpa Kabupaten Bireuen 5 dusun, 200 rumah, 250 KK,850 Jiwa masuk air kedalam rumah dengan ketinggian air di depan permukaan rumah rata-rata 50 SD 60 cm, dalam rumah 30 Cm sehingga  mengakibatkan masyarakat tidak bisa beraktivitas sebagaimana mestinya.

BPBD Bireuen telah melakukan upaya pendataan kepemilikan kerugian materil diataranya, Badan jalan longsor, lahan milik masyarakat petani yang rusak,

Kondisi terakhir di dua kecamatan terhambat dan terancam keselamatan masyarakat saat melakukan akses angkutan hasil panen, sementara kerugian petani 2,8 HA tanaman cabe dan timun milik masyarakat ikut terendam dan hanyut dibawa air dan lebih kurang 5 meter tebing jalan amblas

Kondisi terakhir di desa blang seupeng Air sedang Menurun, sementara di Desa teupok tunong kecamatan jeumpa Air Semakin meningkat dikarenakan buangan air dari desa Abeuk Usong dan desa blang seupeung, Petugas BPBD Bireuen terus melakukan pemasangan tenda pengungsi di tempat mestinya. 

Demikian laporan terkini Pusdalops-PB, BPBD Alamat Jalan komplek perkantoran Gampong Blang Blahdeh kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen tlpn/fax (0644) 323535 kd pos.24251 Email:pusdalopspbbireuen@ gmail.com.(MS)
KOMENTAR