Virus Corona Merebak, Harga Ikan Kuala Idi Anjlok.

author photoHasan Basri
18 Apr 2020 - 15:34 WIB

THEATJEH.NET, Aceh Timur- Akibat pandemi Virus Covid-19 mulai menyebar di Indonesia termasuk Aceh harga ikan di kuala Idi tepatnya Gampong Blang Gelumpang, Kecamatan Idi Rayeuk, Aceh Timur merosot drastis. Sabtu (18/4/2020)

Merosotnya harga ikan juga disebabkan lantaran hasil tangkapan nelayan Aceh Timur melimpah sedangkan permintaan pasar termasuk Medan dan Jakarta menurun. Akibatnya, harga ikan turun drastis dari hari biasanya.

Seperti ikan tongkol yang biasanya di jual pedagang Rp 25 Ribu/Kg kini di hanya jual Rp 10-13 ribu/Kg saja, dan ikan Layur (Cuale_red) biasanya dijual Rp 20 Ribu/kg kini hanya dijual Rp 10 Ribu/Kilogram.

Sementara cumi-cumi biasanya dijual 50-60 Ribu/Kg saat ini hanya di jual 20-35 ribu/kg, ikan Bandeng dijual 30-35 Ribu/Kg hari ini hanya di jual 15-20 Ribu/Kg dan udang biasanya dijual 60-70 Ribu/Kg sekarang dijual 35-40 Ribu/Kilogram. 
 
Menurut Yusuf Pedagang ikan enceran di Kuala Idi mengatakan, sejak issue pandemi Covid-19 merebak termasuk di Aceh Timur harga ikan turun total, bahkan sejak satu minggu belakangan harga ikan di Kuala Idi anjlok. Akibatnya pedagang dan nelayan Kuala Idi rugi besar. 

"Sejak issue Corona beredar, harga ikan turun, bahkan satu Minggu ini turun total, akibatnya kami rugi besar, kalau kita berhenti melaut anak-anak kami mau makan apa, jadi serba salah kalau seperti ini" Kata Yusuf. 

Dirinya berharap harga ikan kembali stabil agar para nelayan kembali bisa melaut seperti biasanya,"Semoga cepat kembali normal, sayang banyak Kapal yang sudah tidak berlayar mencari ikan akibat rugi besar" Tandas Yusuf. (Salin) 

Teks Foto: Suasana pedagang ikan di TPI Kuala Idi, Aceh Timur. 
KOMENTAR