INI-IPPAT Aceh Salurkan Alat Pelindung Ke RSU-CM Tangani Covid 19,

author photoRedaksi
27 Apr 2020 - 17:13 WIB

LHOKSEUMAWE - Peduli terhadap pencegahan penyebaran Virus Corona atau Covid-19 terhadap tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan optimal kepada Pasien Dalam Pengawasan, maupun yang positif terpapar virus Corona di rumah sakit, Ikatan Notaris Indonesia dan Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (INI-IPPAT) Wilayah Aceh menyerahkan Alat Pelindung kepada Rumah Sakit Umum Cut Mutia. 

Penyerahan Alat pelindung berupa Masker oleh Ketua Ikatan Notaris Indonesia wilayah Aceh Nila Rufaida SH, SpN, didampingi beberapa pengurus INI-IPPAT, Wilayah Aceh, diterima langsung oleh Dirut  RSUCM, di lobi rumah sakit setempat. 

Ketua INI Wilayah Aceh, Nila Rufaida, Senin (27/4/2020), menyebutkan, penyaluran bantuan alat pelindung kepada tenaga medis ini, merupakan bentuk dukungan organisasi mereka terhadap penanganan dan pencegahan penyebaran Covid 19 kepada tenaga medis, khususnya di rumah sakit Cut Mutia ini. 

"Kita mengapresiasi sigap dan setiap tindakan dari Tim medis dalam upaya memberikan pelayanan kepada para pasien, dalam hal ini khususnya kepada pasien Covid 19, baik itu status PDP dan status lainnya. Tenaga medis merupakan garda terdepan dalam memberikan pelayanan dan penanganan kepada masyarakat yang terpapar Virus Tersebut" tutur Nila. 

Selain itu, tambah Nila, mengingat kondisi penyebaran di tanah air saat ini, sudah merambah ke semua ke semua daerah termasuk di Aceh, berdasarkan keadaan tersebut, kami merasa terpanggil untuk bergerak bersama untuk membantu Tim Medis dalam melawan penyebaran Covid 19.

 "Banyak saudara kita dari tenaga medis sebagai garda terdepan dalam ini membutuhkan alat pelindung diri dalam menjalankan tugas mulia mereka, hal itu bukan hanya tanggung jawab Pemerintah semata, tetapi menjadi tanggung jawab kita bersama, karena Corona Virus ini merupakan bencana Dunia, dan pemerintah kita juga telah menetapkan sebagai bencana Nasional" papar Nila. 

Dari itu, kami dari Ikatan Notaris Indonesia dan Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah wilayah Aceh, merasa terpanggil untuk menyerahkan bantuan APD berupa masker standar World Health Organization (WHO) kepada RSU-CM." Semoga bantuan yang kami serahkan ini bermanfaat kepada Tim Medis yang dampaknya dapat dirasakan oleh masyarakat. " demikian Jelas Ketua INI wilayah Aceh Nila Rufaida, SH SpN. 

Sementara itu, Direktur Rumah Sakit Umum Cut Mutia, drg Nurhaida Hadi MPH, mengucapkan terimakasih kepada pihak INI-IPPAT, Wilayah Aceh yang telah ikut berpartisipasi dalam penangan Covid 19, dengan menyumbangkan APD, berupa Masker kepada rumah sakit ini.

"Saya mewakili pemerintah kabupaten Aceh Utara, dalam hal penanganan Covid 19, mengapresiasi bentuk kepedulian ini" tutur Dirut RS Cut Mutia. 

"Sebagai mana kita ketahui RSUD Cut Meutia adalah salah satu rumah rujukan untuk pasien Covid - 19 di Aceh. Jadi, pemberian APD ini cukup membantu kita dalam melaksanakan tugas" Jelas dia. 

Dijelaskan, setiap penanganan untuk satu pasien PDP dalam satu hari sedikitnya para  Tim membutuhkan 19 unit APD lengkap, karena setiap satu kali di gunakan dibuang, tentunya hal tersebut untuk mengecilkan kemungkinan terpapar pada tenaga medis itu sendiri dalam menjalankan tugas mereka. 

"Dari itu Kami sangat berterimakasih sekali kepada donatur yang telah memperhatikan rumah sakit rujukan, sebab APD itu adalah barang yang memang sangat kita butuhkan dan berharga bagi pihak rumah sakit," pungkasnya. (Red)
KOMENTAR