Aceh RAIH Rangking Lima Kelulusan SNMPTN Tahun 2020

author photoRedaksi
14 Apr 2020 - 06:21 WIB

BANDA ACEH - Pendidikan Aceh kembali menunjukkan prestasi di tingkat nasional dengan menduduki peringkat kelima dalam jumlah kelulusan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2020.

Lima provinsi yang masuk dalam lima besar secara berturut-turut adalah Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatra Utara, Jawa Tengah dan Aceh. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. Rachmat Fitri HD, MPA, Senin (13/4/2020).

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dalam siaran pers hari Rabu, 8 April 2020 mengumumkan adanya 5.132 peserta yang berhasil lulus SNMPTN 2020 dari 12.359 siswa SMA/SMK/MA yang mendaftar atau setara dengan 42%. Jumlah tersebut meningkat dari tahun 2019 yang hanya berjumlah 4.226 peserta yang lulus.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh berulang kali mengekspresikan rasa syukur dan terima kasihnya kepada semua pihak, terutama kepala sekolah, guru, siswa, orang tua/wali dan pengawas sekolah serta teman-teman di jajaran manajemen Dinas Pendidikan Aceh yang telah berikhtiar dengan penuh keikhlasan dalam mengantarkan siswa hingga lulus pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit. 

"Prestasi ini adalah kerja kolaboratif kita, bukan kerja individu, kita menghaturkan penghargaan kepada Bapak Plt. Gubernur dan Pak Sekda Aceh atas segala arahannya dalam mewujudkan cita-cita menjadi Aceh Carong," ujarnya.

Melalui jalur SNMPTN tahun 2020, kata Rachmat Fitri, Provinsi Aceh memastikan sebanyak 5.135 siswa SMA/SMK/MA telah mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sesuai dengan harapannya. 

Bagi yang belum mendapat kesempatan pada jalur SNMPTN, maka para siswa agar mempersiapkan diri dan memanfaatkan jalur-jalur seleksi lainnya seperti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan jalur Ujian Mandiri.

Mengantisipasi peluang kelulusan dalam proses seleksi selanjutnya, Dinas Pendidikan Aceh telah mempersiapkan beberapa kegiatan pendukung antara lain penyelenggaraan Kelas Digital dari Aplikasi Sistem Jejaring Media Pembelajaran Online Aceh (Sijempol Aceh) yang diselenggarakan oleh Tim Teaching dari guru-guru terbaik se Aceh. [Adv]
KOMENTAR