74 Warga Binaan Lapas Idi di Karantina di Rumah.

author photoHasan Basri
4 Apr 2020 - 09:13 WIB

THEATJEH.NET, ACEH TIMUR- Sebanyak 74 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Idi, Aceh Timur dikabarkan akan menghirup udara segar dirumah melalui program asimilasi. Sabtu 04 April 2020.

Menurut Keterangan Kepala Lapas Kelas II B Idi, Eka Priyatna, Bclp Ssos MSi, melalui program Asimilasi dari Menkumham RI, 74 warga binaan Lapas Idi, Aceh Timur akan menjalani program asimilasi dirumah selama batas waktu yang belum ditentukan.

"Kita akan jalankan program asimilasi ini dengan Dua tahap untuk tahap pertama kita akan coba sebanyak 24 warga binaan, dan untuk tahap ke-dua kita akan jalankan sebanyak 50 orang sehingga jumlah keseluruhannya berjumlah 74 warga binaan". Ungkap Eka Priyatna.


Kata Eka, sebelumnya dari 74 warga binaan yang menjalani program asimilasi ini sudah menjalani pemeriksaan administrasi secara insentif dan bahkan sudah ada komitmen dengan pihak keluarga masing-masing sehingga program ini benar-benar dijalankan.

" Sebelum diberikan progam asimilasi kepada 74 warga binaan di Lapas ini, petugas sudah melakukan berbagai komitmen dengan pihak keluarga dan kelengkapan administrasi, tujuaannya agar warga binaan tersebut dapat benar-benar menjalankan progam ini untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 yang sedang merebak saat ini " Sambung Eka. 


Apalagi, Kata Eka, dengan adanya program asimilasi dari Menkumhan RI sedikit dapat mengurangi over kapasitas hunian warga binaan di Lapas II B Idi, Aceh Timur.

" Saat ini kita mengalami over kapasitas pada dasarnya jumlah wargaan binaan disini harusnya berjumlah 68 orang, tetapi saat ini jumlah mencapai 471 warga binaan, sehingga dengan program ini sedikit dapat mengurangi kepenuhan kapasitas ". Kata Eka. 

Dirinya berharap untuk warga binaan yang sedang mengikuti Progam asimilasi agar berkomitmen dengan cara tetap tinggal dirumah untuk  berantisipasi memutuskan rantai penyebaran Covid-19 atau Virus Corona. (Bas) 

Teks Foto: Warga Binaan Lapas II B Idi, Aceh Timur dengan gembira menerima Asimilasi. 
KOMENTAR