Gampong Karieng Kecamatan Peudada Bentuk Desa Siaga Tanggap Darurat Covid-19

author photoM. Sulaiman
31 Mar 2020 - 03:49 WIB

BIREUEN-Kepala Pemerintahan Gampong Karieng Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen. Melakukan sosialisasi, Pembentukan Tim Siap Siaga Desa, untuk Percepatan Penanganan Wabah Virus Corona (Covid 19), acara berlangsung di Meunasah Desa Setempat Senin (30/3/2020).

Sosialisasi dan Pembentukan Desa siap Siaga Covid -19 acara berjalan lancar, turut dihadiri Babinsa, babinkbtimmas dan Pendamping desa, tuha peut, tuha lapan, serta Ketua Pemuda, pageu Gampong, Kader PKK, KPMD serta seluruh perangkat Desa setempat.

Kepada Media TheAtjehNet Keuchik Gampong Karieng Kecamatan Peudada. Irfadi, S.Pd.I mengatakan, Sosialisasi dan Pembentukan Tim Desa Siap Siaga Covid -19 ini merupakan menindak lanjut perintah Plt Bupati Bireuen.

Setalah kita bentuk Tim Desa Siaga Covid-19, tinggal menunggu penetapan, Waktu streriliasi untuk dilakukan penyemprotan di wilayah, Hal tersebut digagaskan oleh Satgas Relawan Desa Siap siaga Gampong Karieng kecamatan Peudada.

Kita Merujuk pada Keputusan Presiden Nomor 9 Tahun 2020 Tentang Perubahan atas keputusan Presiden Nomor 7 tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19),maklumat Kapolri Nomor MAK/2/III/2020, 

Sementara itu dalam Surat Edaran Menteri Desa Nomor 8 Tahun 2020, Keputusan Gubernur Nomor 360/969/2020 Tentang Penetapan Status Tanggap Darurat Skala Provinsi untuk penanganan Wabah Virus Corona Disease 2019 (Covid-19) dan Maklumat bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Aceh Tentang penerapan dan pembatasan jam malam untuk mengantispasi Covid-19, serta Merujuk pada Surat Edaran Bupati Bireuen Nomor 339 Tahun 2020 Tentang Penggunaan DD untuk Pencegahan Covid-19 dan Penguatan Ekonomi Masyarakat, sebut Keuchik Irfadi.

Maka dalam hal ini Saya selaku Keuchik Gampong Karieng Menimbang dan Memutuskan Untuk mengambil sikap secara tegas, perlu membentuk Desa Siaga Tanggap Darurat Covid-19, untuk Menjaga dan mengawasi wilayah Desa kami, pencegahan penularan wabah Virus Corona (Covid-19) di Desa kami, maka perlu kita ambil langkah keputusan dalam sosialisasi pencegahan Covid-19 

Kita telah menetapkan Tim Satuan Tugas Relawan Desa diantaranya, Keuchik, Petuha peut, sekdes dan perangkat Gampong, Tuha lapan, ketua Pemuda, Tgk Imum, Bidan Desa, Tokoh Masyarakat, Kader PKK dan KPMD.

Semua Tim yang telah dibentuk tersebut akan ditugaskan selama Kita masih dalam proses Tanggap Darurat Covid 19.

Insya Allah Selasa besok akan kita sediakan Tempat Cuci tangan, serta Artikel APK Baliho. Sementara Untuk Petugas Kader PKK dan Kader Lainnya akan melakukan sosialisasikan antara rumah ke rumah yang dipandu Tim siaga Desa, kita berharap dengan kesamaan dan kekompakan di Gampong Karieng akan terjaga keamanan desa dengan baik, sesuai dengan Maklumat bersama tersebut, kita harus menghindari dari Kerumunan dan tidak mengadakan acara Pesta perkawinan Resepsi Pernikahan, Warung kopi dan Warung lain diharap untuk tidak di buka, jikapun pelanggan ingin berbelikan kopi, maka harus dibungkus, diharapkan pemilik warung untuk tidak menyediakan minuman kopi di gelas atau minum di warung, harus dibungkus tegas Keuchik Irfadi.(MS) 
KOMENTAR