Sosialisasi Program dan Pemasangan Stiker PKH di Setiap Rumah Penerima Manfaat Dalam Kecamatan Baktiya

author photoM. Sulaiman
7 Feb 2020 - 21:56 WIB

ACEH UTARA- Sosialisasi Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Rangka Penempelan Stiker Pada Rumah Keluarga Penerima Manfaat, sementara itu Muspika Kecamatan Baktiya Kabupaten Aceh Utara, memasang stiker secara simbolis kepada rumah penerima, acara berlangsung di Gampong Meunasah Alue Ie Puteh Baktiya, Jumat 07 Februari 2020.


Kegiatan pemasangan Stiker diawali dengan acara sosialisasi program PKH yang di lakukan Camat Kecamatan Baktiya. Tarmizi, SE, turut di dampingi Koordinator PKH Kabupaten Aceh Utara Jafriadi, A.Md, Koordinator PKH Kecamatan Baktiya. Roni Danifan, SE di setiap rumah Keluarga Penerima Harapan PKH. Yang telah di terintegrasi penerima bantuan pangan non tanai (BPNT) 


Sementara itu. Koordinator PKH Kabupaten Aceh Utara Jafriadi, A.Md mengatakan adapun tujuan sosialisasi dan pemasangan stiker PKH ini, merupakan bentuk transparansi dan bagian dari monitoring serta evaluasi dalam pelaksana program PKH, agar data penerima PKH dapat diketahui oleh seluruh masyarakat.


Selain itu untuk menumbuhkan kesadaran bagi KPM bahwa bantuan Sosial PKH diperuntukkan untuk keluarga kurang mampu, bisa saja dalam penyampaikan secara lisan KPM kurang percaya sehingga kita pasang stiker bagian bentuk Penegasan kita secara tertulis.


Dengan adanya pemasangan stiker  penerima PKH yang sudah sejahtera diharapkan dapat mengundurkan diri secara suka rela dan juga sebagai bentuk transpansi dalam pelaksanaan program di lapangan, Masyarakat luas bisa mengetahui siapa saja selama ini yang sudah mendapatkan program PKH tersebut, kemudian bisa menjadi data dasar dalam acuan pengambilan kebijakan terutama di tingkat desa. Terang, 'Jafriadi.


Pada kesempatan yang sama dikatakan  Koodinator PKH Kecamatan Baktiya. Roni Danifan, SE didampingi oleh SDM PKH Anita Saputri. Amd dan Karimuddin, SE, semoga bantuan pemerintah ini, dapat menuntaskan angka kemiskinan di Kecamatan Baktiya, juga kita berharap bantuan ini tepat ke sasaran dan tidak menjadi kecemburuan sosial di lingkungan Masyarakat.


Sementara itu dari jumlah total penerima bantuan PKH di seluruh Kecamatan Baktiya, 3.063 orang, namun pada hari ini turut hadir penerima PKH yang sudah sejahtera 25 orang, sementara dari sejumlah itu mereka dengan suka rela mengundur kan diri sebagai penerima, ini menjadi contoh teladan bagi Masyarakat penerima yang lain untuk kedepan. 


Juga ke 25 orang penerima tersebut yang sudah sejahtera dihapan Muspika mereka mengikrarkan mundur diri secara bersama. Hal ini dapat terjadi berkat kerja sama antar semua leading sektor dalam menangulangi kemiskinan. Harap  Koodinator PKH Kecamatan Baktiya Roni Danifan, SE tersebut.


Pendamping PKH yang sebenarnya, banyak sekali Keluarga Penerima Harapan, Manfaat PKH yang sudah sejahtera namun kita keluarkan (graduasi) dengan kita Lakukan Pemutakhiran Data Sosial Ekonomi (PDSE) di sistem EPKH. Kemudian kita lakukan pendekatan persuasif sehingga banyak juga yang mengundurkan diri dari peserta PKH. Penempelan stiker juga merupakan upaya lain kita untuk dapat mengeluarkan keluarga penetima harapan, yang sudah mampu secara ekonomi atau sejahtera,"Terang Roni Danifan.


Sebelumnya, Camat Kecamatan Baktiya Kabupaten Aceh Utara. Tarmizi, SE menyampaikan dalam sambutanya. Apresiasi kepada Koordinator PKH Kabupaten dan Koordinator Kecamatan, serta SDM PKH, juga kepada Penerima Manfaat yang sudah mengundur kan diri dengan kesadaran nya, ini menjadi contoh bagi Masyarakat pemerima PKH yang lain untuk kedepan, dengan kesadaran mereka bahwasanya Masyarakat Penerima Manfaat tersebut, sudah mengetahui mana yang berhak dan yang mana tidak berhak lagi, 


Camat Baktiya juga sangat berharap dengan ada nya bantuan dari Pemerintah ini untuk dapat di manfaat kan dengan sebaik baik nya, semoga Keluarga  Penerima Harapan (PKH) dapat menjadi keluarga sejahtera dikemudian hari," harap Camat Tarmizi, 


Selain itu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Utara dari Fraksi Partai Golkar,  Hendra Supriadi menyebutkan dalam sambutanya, semoga Penerima Manfaat PKH tersebut, dapat ber manfaat kita berharap kepada penerima PKH untuk dapat dipergunakan bantuan ini dengan sebaik baiknya, jika ini dapat digunakan untuk kebutuhan dengan bar manfaat maka keluarga penerima Harapan tersebut akan sejahtera di kemudian hari, dia juga turut menga Apresiasi Kepada Seluruh Koordinator PKH baik di Kabupaten maupun Kecamatan dan Desa, dengan kerja keras dan Iklas maka setiap Program Pemerintah akan berhasil menuntaskan angka kemiskinan,"0ungkap Hendra Supriadi.


Sementara itu hadir pada acara Sosialisasi dan Penempelan Stiker PKH tersebut," Nyakni, Camat Baktiya Tarmizi, SE, Kapolsek Baktiya, Danramil Baktiya, Kepala Puskesmas, Mukim Se kecamatan Baktiya, Geuchiek dan Tokoh Gampong setempat, Koodinator PKH Kabupaten Aceh Utara, Koordinator PKH Baktiya, Pendamping SDM PKH se Baktiya, TKSK dan IPSM Kecamatan Baktiya Kabupaten Aceh Utara.(MS)
KOMENTAR