Gandapura Gelar Musrenbang Guna Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Yang Berkualitas

author photoM. Sulaiman
24 Feb 2020 - 22:22 WIB

BIREUEN- Musyawarah Perencanaan Pembanguna( Musrenbang) Kecamatan Gandapura digelar dengan bertemakan Mengembangkan Potensi SDA dan Daya Saing SDM untuk Percepatan Pertumbuhan Ekonomi yang Berkualitas.
Acara berlangsung di halaman Kantor Camat setempat, Senin (24/2/2020).

Pada kesempatan itu, Asisten III sekdakab Bireuen, Dailami, SH, dalam sambutannya, menyebutkan, Insya Allah tahun ini untuk Gandapura, Pemkab Bireuen akan mengucurkan dana APBK 2020, diantaranya Peningkatan jalan Cot Puuk, Tanjong Masjid tembus Cot Kruet Kecamatan Makmur, jalan Cot Jabet tembus Pante Sikumbong, Normalisasi Paya Geurugoh, Saluran Pembuangan pasar Keude Geurugok di wilayah Desa Blang Keude-Keude Lapang, dan Peningkatan Gedung Serba Guna, yakni, penyempurnaan penimbunan halaman, pagar, mobiler agar bisa difungsikan," jelasnya.

"Gandapura ini menjadi nilai jual Kuliner, tapi konsumen dari berbagai daerah hanya mencicipi dilokasi tanpa ada buah tangan yang bisa dibawa pulang berupa cendera mata, jadi mari ciptakan inovasi kedepannya," harap Dailami.

Sementara itu, Plt Bupati Bireuen Dr. Muzakkar A Gani, SH, M.Si dalam sambutannya, menyebutkan "Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan merupakan salah satu wahana dalam rangka menjaring berbagai aspirasi untuk mendapatkan berbagai masukan, saran maupun kritikan demi mendukung proses penyempurnaan penyusunan rancangan dokumen Rencana Kerja Pembangunan Kabupaten (RKPK) tahun 2021," sebutnya.

Menjawab salah satu pertanyaan Keuchik, terkait Bimtek perangkat desa keluar daerah, Muzakkar menjawab, "satu sisi tidak ada salahnya Bimtek Keuchik atau perangkat desa keluar daerah, dan bila pun boleh kita akan sesuaikan dengan kondisi desa asal dan daerah tujuan agar betul betul bermanfaat. Dewan saja setahun hampir 4 kali Bimtek, kenapa Keuchik tidak boleh, mohon izin pak DPRK, (sambil tersenyum menoleh ke arah Ismail Adam, salah satu anggota DPRK yang berhadir)", imbuh Muzakkar yang disambut aplaus para Keuchik dan hadirin peserta Musrenbang diantaranya, unsur SKPK, Kadis PUPR, Kadis Dukcapil, Kadis Kesehatan, Kadis BKPSDM, Kadis Pertanian, Dinas DPMGPKB,  Forkopimcam, Para Mukim, unsur Lembaga Gampong, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, Tokoh Adat, serta unsur P3MD Gandapura.

Lanjutnya, "Terkait dengan koperasi atau semacamnya yang selama ini dianggap meresahkan masyarakat, silahkan buat Qanun gampong," tegas Muzakkar.

Plt Bupati juga menambahkan "Setiap gampong di Bireuen wajib membangun rumah dhuafa atau direhab dengan anggaran yang sesuaikan dari Dana Desa (DD). Sebab membangun rumah yang layak bagi warga miskin juga masih menjadi prioritas program kabupaten tahun ini, sebagaimana tercantum dalam Perbup tahun 2020. Juga mari gunakan dana desa dengan sebaik baiknya sesuai porsi dan aturan serta bermanfaat bagi masyarakat tentunya,"

Harapnya, "Semoga Musrenbang ini bisa mempertajam upaya penyelarasan dan kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan gampong yang nantinya dapat diintegrasikan dengan prioritas pembangunan kabupaten di wilayah kecamatan, khususnya di Gandapura," tutup Plt Bupati Bireuen Muzakkar A Gani.

,"Sebelumnya Camat Gandapura Ibrahim, S.Sos dalam laporannya menyebutkan, "Musrenbang yang bertemakan Mengembangkan Potensi SDA dan Daya Saing SDM untuk Percepatan Pertumbuhan Ekonomi yang Berkualitas, kami harapkan Pemerintah Kabupaten agar kiranya membantu proses pelaksanaan pembangunan di Kecamatan Gandapura," katanya.

Dikatakan Ibrahim, "Tempat pelaksanaan Musrenbang kali ini terpaksa kami buat di halaman kantor Camat, berhubung aula atau gedung serba guna yang telah dibangun baru oleh pemerintah pada 2017, belum bisa digunakan karena masih terkendala belum sempurnanya timbunan, talud penahan tanah, dan mobiler. Untuk itu kami mohon kepada Pemkab untuk memasukkan dalam anggaran perubahan 2020 ini",

Lanjutnya, "Kami haturkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, baik unsur Muspika, para Keuchiek, tokoh masyarakat serta unsur Pendamping Desa/P3MD Gandapura dalam pelaksanaan Musrenbang di Kecamatan Gandapura tahun ini, mohon arahan dari Plt Bupati dalam hal ini sekaligus untuk membuka Musrenbang," terang dalam laporan Camat Gandapura.(MS)
KOMENTAR