Sungai Kuala Tripe Meluap Puluhan Hektar Sawah Gagal Panen

BANGKEJEREN -  Sungai Kuala Teripe meluap Puluhan hektar sawah di Kecamatan Tripe Jaya kabupaten Gayolues tergereus derasnya  air sungai terutama di Desa Pulo Gelime  dan sebagian digenangi air akibat hujan yang turun seca terus menerus dalam beberapa waktu terakhir.

Padahal sawah tersebut sudah siap panen.bahkan sebagian warga didesa itu sudah siap panen. Salah satu warga Desa Pulo Gelime Asan kepada Awak media Kamis (12/12) menuturkan.

"Dalam beberapa pekan terakhir hujan turun dengan intensitas yang tinggi di daerah Kabupaten Gayo lues  atau kecamatan yang letak posisinya didaerah hilir sunagi Kuala Tripe, jadi bila hujan deras didareah mereka ya kami disini yang kebanjiran apa lagi dua hari ini hujannya " tutur Asan

"lebih lanjut akibat hujan yang lebat tersebut, membuat sunagi Kuala Tripe tidak bisa lagi menampung jumlah debit air yang banyak,sehinga air bisa melewati ketinggian salah satu tebing persawahan warga yang diberonjong. darisitu pintu masuknya air kesawah wagra, air bukan hanya merendam sawah yang akan dipanen. namun badan jalan juga turut terendam" Kata Asan

Terhadap kondisi tersebut, Asan dan semua warga yang bersawah mengharapkan kepada Pemerintah Kabupaten Gayo Lues dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum atau BPBD,  agar bisa membantu warga dengan membangun tebing perawahan yang lebih tinggi mau di beronjong atau dibangun permanen. apabila sungai Kuala Tripe kembali ngamuk, sawah warga tidak terendam lagi.            (Kamsah galus).
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru