WPU Malaysia dan Alumni Mudi Bantu Rumah dan Modal Usaha Janda Miskin Warga Gogo Pidie

author photoKherry Leib
23 Jun 2019 - 20:46 WIB

PIDIE - Masyarakat Aceh Malaysia yang tergabung dalam Barisan Muda Ummat & Wanita Peduli Ummat (BMU-WPU) Malaysia bekerja sama dengan Rabithah Alumni Dayah MUDI dan BMU Pusat  menyerahkan bantuan satu unit rumah sekaligus  modal usaha kepada janda miskin di Pidie, Sabtu, (22/06/2019) sore. 

Acara penyerahan kunci rumah dengan kode Rumah BMU-WPU 023 diserahkan langsung oleh Wadir II Ma'ahad Ulum Diniyah Islamiyah Mesjid Raya Samalanga (MUDI MESRA) Tgk. H. Sayed Mahyeddin yang disapa Aba Sayed kepada Ummi Nila Kasma (42) janda miskin warga Gampong Adang Beurabo Kecamatan Padang Tiji Kabupaten Pidie. 

Ummi Nila Kasman merupakan tenaga pendidik sekaligus Alumni Dayah Mudi Mesra Samalanga selama hampir 15 tahun lebih di Mudi sebagai guru besar yang dikenal cekatan, hingga diperbantukan sebagai tenaga pendidik utama selama 5 tahun di Dayah Nurul Huda Al Azizah Calang Kabupaten Aceh Jaya yang saat itu baru dibuka. 

Semenjak Ummi Nila Kasman menikah dengan Alm Tgk. Tarmizi (47) mereka tinggal dirumah orang tuanya yang sudah lapuk berbahan dinding bambu berlantai pelepah pinang yang usang dimakan rayap, belum sampai 10 tahun menikah ajal menjemput suaminya meninggal 2 orang anak yang masih balita.

Koordinator Wanita Peduli Ummat (WPU) Malaysia Puan Maulida Ahmad bersama 10 orang rekannya dari Malaysia sengaja pulang ingin melihat langsung  penyerahan rumah menyebut informasi dan kondisi yang dialami ummi nila baru diketahui ketika kawan-kawan seangkatan beliau takziah ke rumah duka kala itu. 

"Karena ummi nila 15 tahun menetap di Mudi, beliau dikenal banyak alumni, termasuk alumni yang berada di WPU Malaysia salah satunya saya," sebut Maulida. 

Setelah berkonsultasi dengan Imam Besar BMU Tu Sop lanjut Puan Maulida, Imam Besar menyarankan pihaknya bekerja sama dengan Rabithah Alumni Mudi untuk penangan lebih lanjut, setelah koordinasi dengan Abu maka diputuskan oleh Abu Mudi, WPU Malaysia menangani donasi Rumah, sedangkan modal usaha ditangani oleh Alumni Mudi yang dikoordinasikan oleh Hj. Sabiqah Waled Marhaban Melalui Rekening Abu Mudi sendiri.

Dikatakan Puan Maulida Ahmad dana yang masuk untuk donasi bantuan rumah BMU-WPU 023 berjumlah 9.747 RM atau setara Rp. 35.881.100 dari 170 donatur, sementara dana yang dibutuhkan Rp.29.266.000, sisanya Rp. 6.615.000 digunakan untuk rumah selanjutnya. 

Sedangkan Donasi untuk modal usaha dari Alumni Mudi berjumlah Rp. 50.375.000 dari 144 donatur. 
Hasil kesepakatan bersama modal usaha ini akan diinvestasikan di Malaysia oleh WPU dalam bentuk usaha pangkas dibawah bimbingan pengusaha pangkas sukses encik Har dengan pengelolaan yang transparan efesien dan akuntabel. Untuk kebutuhan hidup sehari-hari ummi nila bersama 2 orang anaknya akan dikirim perbulannya. 

Sementara itu Ketua Umum Barisan Muda Ummat (BMU) Pusat Tgk. M. Yusuf Nasir sapaan akrab Abiya Rauhul Mudi mengucapkan Terima kasih kepada seluruh donatur yang telah berpartisipasi dalam donasi bantuan rumah maupun modal usaha khususnya Alumni Mudi.

"Ini hal yang pertama kita lakukan di BMU,  kesuksesan ini tidak  terlepas dari peran para wanita-wanita hebat Aceh" pungkasnya. (Rel)
KOMENTAR