Plt Gubernur Aceh Lantik Nadir Syah Sebagai Ketua IAI Aceh

author photoPutri Ulan Dari
4 Apr 2019 - 18:06 WIB

BANDA ACEH - PLT Gubernur Aceh, Ir H Nova Iriansyah melantik Ketua Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Aceh, Nadir Syah yang berlangsung di Aula Kantor BPK RI Aceh, Rabu (3/4/2019).

Dalam sambutannya, Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengatakan, Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Wilayah Aceh diminta bersinergi dalam membangun Negeri, khususnya propinsi Aceh. Akuntansi ini adalah ilmu yang berlaku secara global dan dibutuhkan semua negara dalam rangka mempertanggung jawabkan keuangan negara yang akuntabel dan transparansi.

"Organisasi IAI Aceh ini agar kedepannya bisa ikut bertanggung jawab dalam membangun negeri yang sekarang dalam memperbaiki rapor Pemerintah daerah masih belum banyak angka yang menunjukkan yang baik," ujarnya.

Nova menambahkan, khusus bagi aparatur desa dengan segenap kemampuan pelaporan ini sangat penting, tak hanya untuk mencatat dan melaporkan dana desa, tapi juga dana-dana dan aset lainnya, seperti bengkok (tanah inventaris yang diperuntukkan bagi kepala desa) atau pun Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Selama ini, aparat desa nyaris tak tersentuh oleh akuntansi sehingga kondisi transparansi dan akuntabilitasnya sangat memprihatinkan.

Ketua IAI Aceh, Nadir Syah juga menyampaikan, Organisasi IAI ini sudah seharusnya punya kontribusi besar berperan dalam membantu pemerintah, agar angka itu lebih baik dari tahun ke tahun mudah-mudahan keberadaan nya bisa lebih melekat dengan bersinergi dalam membangun propinsi Aceh.

Tambahnya, kehadiran IAI Aceh juga tentunya dapat bersinergi dalam membangun Negeri, khususnya propinsi Aceh, termasuk bersinergi dalam hal lainnya termasuk masuk ke Desa. Pemerintah mengharapkan keterlibatan IAI dalam upaya mewujudkan pelaporan dana desa yang transparan dan akuntabel. Ini merupakan aspek penting dalam menciptakan good and clean government.
KOMENTAR