Warga Langgin Tualada Mengeluh Sampah Mulai Tebar Bau dan Ganggu Jalan

author photoKherry Leib
9 Mar 2019 - 07:32 WIB

PIDIE JAYA - Warga Gampong Langgin Tualada, Bandar Baru Pidie Jaya resah bahkan aktifitas  terganggu akibat tumpukan sampah yang berserakan di badan jalan Desa mereka.

Selain menebarkan bau tidak sedap, sampah sudah menutupi jalan yang mereka lalui sehari - hari. Hal tersebut disampaikan tokoh pemuda desa Langgin Tualada Teuku Guntara melalui handponenya pada Theatjeh.Net, Jum'at  08 Maret 2019.

"Kami mengharapkan Dinas Kebersihan Lingkungan Hidup (DKLH) untuk turun ke desa langgin melihat dan meninjau langsung keadaan diseputaran tumpukan sampah jangan nanti dibilang kami yang mengada - ngada, lihat dan buktikan benar apa tidak sampah tersebut menimbulkan bau busuk dan sudah menutupi badan jalan yang ada di langgin," ujar tokoh muda ini.

Penumpukan sampah oleh warga ditempat tersebut terpaksa dilakukan karena tidak tersedianya tempat pembuangan akhir (TPA) di Bandar Dua, oleh karena itu kami berharap Pemerintah Pidie Jaya memberikan perhatian khusus dalam hal ini, ungkap Teuku Guntara yang juga Politisi Partai Demokrat.

Sementara Dedi (32) salah satu warga Langgin yang berdekatan dengan TPA tersebut  mengatakan sampah yang ada di Desa mereka berasar  dari Keude Luengputu bahkan ada yang dari Tringgadeng diangkut ketempat tersebut. "Hal ini sudah berlangsung selama lima tahun lebih," kata Dedi

"Kami berharap kepada dinas terkait untuk serius dalam menangani Sampah yang ada di desa kami, selain sangat terganggu dengan bau, juga saat kami melintas. Bila seperti ini terus dibiarkan kami menduga adanya pembiaran atau sikap cuek dari Pemerintah," pungkasnya.

Terkait hal tersebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Syukri Itam lewat salulernya mengatakan, setiap kecamatan kita sediakan petugas yang mengawasi dan mengontrol sampah tapi sampai saat ini belum ada laporan terkait keluhan warga disana dari petugas kepada kami.

"Disana sudah kita sediakan armada (truck) untuk mengakut sampah ke TPA yang dilalukan setiap harinya," katanya. (KH)
KOMENTAR