Walikota Banda Aceh Hadiri Peringatan HUT Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan T.A 2019

author photoPutri Ulan Dari
4 Mar 2019 - 17:44 WIB

THE ATJEH NET, BANDA ACEH - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Banda Aceh menggelar HUT Pemadam Kebakaran ke - 100 Tahun yang berlangsung di Banda Aceh, Senin (4 Maret 2019) pagi.

Walikota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE Ak MM menyampaikan, seluruh jajaran Dinas Kebakaran Kota Banda Aceh yang sudah memasuki satu abad usianya 100 tahun agar dapat terus berbenah diri dengan pencapaian kinerjanya lebih meningkat lagi kedepannya dalam memberikan pelayanan cepat untuk memadamkan api.

"Perlu juga lebih utama peran tambahan adanya pemikiran baru sebagai bentuk penambahan edukasinya," ujarnya.

Walikota Banda Aceh juga menghimbau, seluruh masyarakat perlu mengetahui nomor pelayanannya 0651113 guna mengantisipasi adanya peristiwa kebakaran diwilayahnya masing-masing. 

Kadis Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Banda Aceh, M Nurdin S Sos menyampaikan, peringatan Hut Pemadam Kebakaran secara Nasional akan diperingati pada tanggal 5 dan 6 Maret 2019 di Kota Pekan Baru yang dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo.

"Pemadam Kebakaran Kota Banda Aceh menjangkau keberadaan pos hingga melayani sebagian wilayah Aceh Besar dengan jarak terjauh area layanan tidak lebih dari 7 Km dan waktu tanggap untuk memberikan pelayanan secara normal berkisar 10 menit sejak terima pengaduan atau laporan masyarakat," ujarnya.

Nurdin juga mengatakan, sarana Armada pemadam kebakaran saat ini memiliki 13 unit yang terdiri dari 8 mobil pemadam kebakaran, 1 mobil tangga Hidraulic dan 4 mobil Supaly serta personil pemadam berjumlah 79 orang.

"Pada Tahun 2018 yang lalu, kasus kebakaran yang terjadi berjumlah 77 kasus yakni antaranya, Kota Banda Aceh berjumlah 71 kasus dan Aceh Besar berjumlah 26 kasus tentunya setiap tahun berkisar 51 - 68 adanya kasus kebakaran," ungkapnya.

Disela-sela kegiatan, Walikota Banda Aceh yang didampingi Kadis Pemadam Kebakaran melangsungkan penanda tanganan MoU nota kesepahaman kerjasama pendampingan sistem penanggulangan kebakaran bersama 12 pengelola atau pemilik bangunan gedung yang terdiri dari 4 rumah sakit dan 5 perusahaan.

Walikota Banda Aceh juga menyerahkan bantuan alat pemadam api ringan (Apar) kepada 6 Mesjid Gampong dalam Kecamatan Jaya Baru dan Kantor Keuchik Geuceu Menara sebagai dukungan komitmen Pemerintah Kota Banda Aceh dalam mencegah terjadinya kebakaran pada bangunan publik non komersial seperti, Sekolah, Mesjid dan Kantor Keuchik. (Ulan)
KOMENTAR