Kaum Dhuafa di Tanjong Bungong Gandapura Nikmati Dana Desa

BIREUEN - Masyarakat Kaum Duafa di Desa Tanjong Bungong Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen menerima rumah sehat layak huni, Rabu (16/1/2019). Rumah tersebut dibangun dengan alokasi dana desa anggaran tahun 2018.

Pada kesempatan tersebut Bupati Bireuen H Saifannur, S.Sos secara langsung mengunjungi desa tangjong bungong dengan agenda peresmian penggunaan rumah sehat layak huni yang dibangun dengan Dana Desa (DD).

Dua unit rumah sehat layak huni yang diperuntukkan pemerintah gampong Tanjong Bungong untuk kaum dhuafa tersebut, dibangun dengan menggunakan dana desa tahun anggaran 2018, sebanyak masing-masing Rp75 juta.

Bupati Bireuen H. Saifannur. S. Sos setelah menyatakan secara resmi rumah dhuafa yang diperuntukkan kepada dua penerima di desa tanjong bungong, menyerahkan kunci secara simbolis kepada penerima Tgk Syeikh Baihaqi dan Nasruddin yang turut didampingi, Tgk Nuruzzahri (Waled Nu), Wakil Bupati Bireuen, Sekda, Muspika Gandapura, P3MD (PD/PLD) Gandapura, serta Keuchiek Desa setempat.

"Kami sangat mengapresiasi Pemerintah Gampong Desa Tanjong Bungong Kecamatan Gandapura, yang telah menganggarkan dana desa untuk pembangunan rumah dhuafa atau layak huni," kata Bupati.

Lanjutnya, "pembangunan rumah sehat layak huni untuk masyarakat miskin atau dhuafa merupakan program wajib dilaksanakan oleh setiap gampong yang ada di Bireuen, karena akan membantu masyarakat kita memiliki hunian keluarga yang layak, dengan hasil musyawarah gampong tentunya."

Sebelumnya, Kepala DPMGPKB Bireuen, Bob Mizwar, SSTP, M.Si, turut memaparkan sambutan dihadapan Bupati dan tamu undangan lain, Berdasarkan Permendes 19 th 2017 tentang prioritas dana desa tahun 2018, dana desa dipergunakan untuk kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat sesuai kewenangan gampong. Salah satu prioritasnya, yakni pembangunan atau mengembangkan rumah sehat layak huni atau rumah dhuafa.

Disamping itu, sambung Kadis, membangun Embung, Sarana Olahraga Desa, Posyantek dan BUMG yang juga masih jadi prioritas penggunaan dana desa.

Lanjut Bob, "Dengan dana desa 62,5 milyar pada tahun 2018 telah dibangun 130 rumah baru dan 1325 rumah rehab bagi fakir miskin di Kabupaten Bireuen. Hal ini dimaksudkan untuk memenuhi salah satu pelayanan sosial dasar bagi masyarakat gampong."


"Untuk tahun 2019 dana desa bagi Kabupaten Bireuen sebanyak 453 Milliar untuk 609 gampong yang mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, yakni 416 milliar pada 2018. Diharapkan dana tersebut dapat dimanfaatkan untuk bidang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat guna mewujudkan kesejahteraan bagi masyaralat desa," tegas Bob

Diketahui, selain gampong tersebut, Gampong Cot Puuk bangun baru dua unit, Blang Keude dua unit, Lhok Mambang dua unit, Geurugok rehab sedang 4 unit, Blang Kubu rehab berat 5 unit, Tanjong Mesjid rehab 5 unit dan sejumlah gampong lainnya di Kecamatan Gandapura.

Sementara itu, Keuchiek Gampong Tanjong Bungong, Ramzi, S.Pd, disela acara kepada Awak Media ini menyebutkan, "Kami atas nama Pemerintah Gampong dan segenap masyarakat Gampong Tanjong Bungong, kami haturkan terima kasih atas kunjungan Bupati dan Wakil Bupati Bireuen serta jajaran pejabat Pemkab Bireuen ke gampong kami. Terima kasih juga kepada semua pihak, baik Camat Gandapura, PD dan PLD Gandapura, TA Kabupaten dan DPMGPKB Bireuen yang telah memfasilitasi acara ini hingga terlaksana dengan sekses." 

"Kami di Gampong sangat mengharapkan pembinaan secara simultan, baik dari Kecamatan, Pendamping Desa dan dinas terkait di Kabupaten dalam menjalankan program pembangunan gampong dengan Dana Desa sesuai dengan amanah UUdesa nomor 6 tahun 2014," terang, Ramzi.

Kegiatan tersebut dirangkai dengan peresmian Balai Pengajian gampong setempat yang dibangun dengan swadaya masyarakat, juga disertai perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H dan di isi dengan Tausiah dari Waled Nu Samalanga. (MS)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru