Masyarakat Gampong Pantai Kuala Raja Bireuen Dihebohkan Kedatangan Warga Etnis Rohingya

author photoRedaksi
21 Apr 2018 - 06:19 WIB

BIREUEN --- Masyarakat Gampong pantai Kuala Raja Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen dihebohkan dengan kedatangan tamu Etnis Rohingya yang menggunakan Boat kayu ukuran 5 GT, dengan panjang 12 meter, lebar 4 meter, para Etnis Rohingya langsung masuk ke muara kuala raja, Jumat siang (20/4/2018).

Warga Etnis Rohingya yang terdampar di pantai kuala raja kecamatan kuala Bireuen tersebut sebanyak 78 orang, terdiri dari 44 laki-laki,  26 perempuan dan 8 anak -anak.

Menurut Panglima Laot Kuala Raja, M, Nasir, puluhan warga etnis Rohingya itu menumpang  boat kayu ukuran 5 GT, dengan panjang 12 meter, lebar 4 meter.

Saat itu Mereka langsung masuk ke muara Kuala Raja dan mendaratkan boatnya, sebut M. Nasir.

Wakil Bupati Bireuen, Dr. Muzakkar A Gani, SH, M, Si,  yang meninjau langsung lokasi  kepada Atjeh Net menyebutkan penanganan sementara, mereka diberi makanan oleh masyarakat Kuala raja. 

Dan selain itu juga akan dilakukan pemeriksaan kesehatan, ispa, sesak, demam dan lain lain, sebut Wakil Bupati Bireuen Muzakkar.

"Kita sudah menghubungi pihak imigrasi, mereka sedang dalam perjalanan ke  lokasi, para warga etnis rohingya tersebut, akan ditempatkan sementara  di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Cot Gapu, Bireuen," terang Muzakkar. 

Haji Muhammad Rafiq (55), rombongan etnis Rohigya yang bisa berbahasa melayu menyebutkan, mereka selama 8,5 hari  berlayar dan terkatung-kantung di laut.

"Kita berlayar dari Myanmar melalui Thailand dengan tujuan Malaysia. Namun boatnya kesasar sampai ke Aceh dan juga karena perbekalan makanan, minuman serta bahan bakar biat habis, mereka lalu menuju daratan terdekat di Kuala Raja," sebutnya.

Pantauan Atjeh Net. dilokasi, 8 warga etnis Rohigya yang terdampar tersebut saat ini sedang menjalani pengobatan dan ditangani tim medis di bale di sekitar lokasi kuala raja tersebut.

Para Etnis Rohongya mengalami dehidrasi berat akibat stok makanan dan harus menjalani, setelah dicek kondisinya mereka lalu diinfus untuk mengembalikan cairan yang hilang. (MS)
KOMENTAR