Dinkes Aceh Utara Ajak Masyarakat Terapkan 1000 Langkah Per Hari untuk Hidup Lebih Sehat

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara, Amir Syarifuddin, SKM, MM didampingi Kabid Kesmas Samsul Bahri 

LHOKSUKON - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Aceh Utara mengajak masyarakat untuk membiasakan jalan kaki sebagai upaya meningkatkan kualitas kesehatan dan mencegah berbagai penyakit. Kampanye bertajuk "1000 Langkah Menuju Sehat" ini diluncurkan guna mengedukasi masyarakat tentang pentingnya aktivitas fisik sederhana yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara, Amir Syarifuddin, SKM, MM melalui Kabid Kesmas Samsul Bahri, SKM, MKM, menyatakan jalan kaki merupakan olahraga yang mudah dilakukan oleh semua kalangan masyarakat.

"Jalan kaki tidak memerlukan biaya dan dapat dilakukan di mana saja. Aktivitas ini sangat efektif untuk meningkatkan kebugaran jantung, mengendalikan berat badan, dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes dan hipertensi," jelas Samsul Bahri, Rabu (22/5/2024).

Banyak orang merasa tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan aktivitas olahraga. Sehingga, banyak dari mereka yang pada akhirnya memilih untuk tidak melakukan olah gerak tubuh dengan alasan tidak adanya waktu luang. Padahal, dengan menerapkan kebiasaan jalan kaki, seseorang sudah bisa terhitung berolahraga. Hal ini dikarenakan tubuh kita tetap melakukan gerakan yang dapat memperkuat kondisi tubuh.

Tidak hanya memberikan manfaat yang lebih pada jantung dan paru-paru, namun dengan membiasakan diri untuk berjalan kaki, memiliki beragam manfaat yang berguna bagi tubuh. Beberapa di antaranya, menambah kekuatan otot paha dan kaki, memperkuat sendi dan tulang, menurunkan tingkat kolesterol dan tekanan darah, memperlambat penuaan dan mencegah terjadinya osteoporosis, serta membantu mencegah perkembangan diabetes.

Bagi remaja yang saat ini tengah berada di fase pertumbuhan dan sedang sangat memperhatikan kondisi fisiknya, berjalan kaki juga dapat menurunkan berat badan dan menjaga berat badan agar tetap stabil. Membiasakan diri untuk rutin berjalan kaki dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Jumlah kalori yang berlebih dalam tubuh akan otomatis terbakar setelah adanya peningkatan metabolisme, sehingga tidak terjadi kenaikan berat badan.

Meskipun aktivitas berjalan kaki dapat dilakukan di mana saja, tetapi perlu adanya kontrol diri dalam memetakan lokasi mana yang sekiranya aman untuk dilalui. Jangan sampai niat berolahraga kita justru akan mengganggu aktivitas orang lain, bahkan sampai membahayakan keselamatan diri sendiri. Misalnya saat sedang berjalan di jalan raya, gunakan trotoar khusus pejalan kaki dan selalu waspada terhadap kondisi sekitar.

"Untuk itu, tidak ada ruginya melakukan aktivitas berjalan kaki sebagai bentuk olahraga ringan yang dapat dilakukan oleh tubuh. Seseorang yang mengaku tidak memiliki waktu luang, bisa menerapkan aktivitas ini dengan berjalan kaki ketika hendak pergi bekerja atau ke sekolah. Selain akan meningkatkan metabolisme, berjalan kaki juga bisa membantu meredakan stres dan menenangkan pikiran ketika mengalami suasana hati yang sedang buruk," jelas Samsul Bahri.

Melalui kampanye ini, Dinkes Aceh Utara optimis dapat menciptakan budaya sehat di tengah masyarakat, serta mengurangi angka kejadian penyakit yang dapat dicegah melalui aktivitas fisik yang sederhana namun efektif. [Adv]
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru