Menghadapi Ancaman Hama Padi, PT Nufarm perkenalkan Aplikasi Tanidoc Solusi Inovatif

ACEH UTARA - Hama dan penyakit tanaman telah lama menjadi tantangan serius bagi para petani, mengancam hasil panen dan keberlanjutan pertanian. Di tengah permasalahan ini, Badan Penyuluhan Pertanian (BPP) Meurah Mulia menjalin kemitraan strategis dengan PT Nufarm untuk memperkenalkan solusi inovatif, yaitu Aplikasi Tanidoc di halaman Kantor BPP Meurah Mulia pada Selasa (14/11/2023).

Hama dan penyakit tidak hanya mengakibatkan penurunan kuantitas panen, tetapi juga merugikan dari segi kualitas, bahkan bisa berujung pada gagal panen. 

Dalam usahanya membantu petani mengatasi masalah ini, Kepala BPP Meurah Mulia, Mulyadi, menyoroti kemajuan teknologi yang semakin canggih. Aplikasi Tanidoc, yang dirilis oleh PT Nufarm Indonesia, memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) untuk mendeteksi dan mengidentifikasi hama serta penyakit pada tanaman, khususnya tanaman pangan dan sayuran.

Sebagai langkah lebih lanjut, Kepala BPP Meurah Mulia menyatakan kesiapannya untuk turun ke lapangan dan memantau kendala petani setelah menerima laporan dari masyarakat. Dengan kolaborasi ini, diharapkan para petani dapat menghadapi ancaman hama dan penyakit dengan lebih efisien, meningkatkan hasil panen, dan mencapai pertanian yang berkelanjutan.

Arung Buana, Brand Activation Manager Nufarm Indonesia, menjelaskan, Tanidoc tidak hanya fokus pada diagnosa, tetapi juga memberikan solusi pengendalian yang tepat. Dalam era digitalisasi ini, teknologi AI dapat berdampingan dengan petani, dan Tanidoc menyediakan fitur-fitur seperti Konsultasi dan Kios yang terhubung dengan Google Maps. 

Fitur diagnosa Tanidoc menjadi alat penting bagi petani untuk mengetahui dengan akurat organisme penggangu tanaman serta mengatasi hama dan penyakit secara tepat.

Dengan tingkat keakuratan mencapai 93 persen, Tanidoc membantu petani dalam mengidentifikasi organisme pengganggu tanaman dengan lebih tepat. Menurut Arung Buana, ketepatan identifikasi ini sangat penting agar petani dapat mengambil langkah-langkah pengendalian yang sesuai dan efektif. 

Dalam kondisi yang membutuhkan respons cepat, Tanidoc memberikan solusi tidak hanya dalam mendiagnosis masalah tanaman, tetapi juga memberikan panduan praktis untuk mengendalikannya, pungkasnya.

Saat sosialisasi berlangsung, puluhan doorprice dibagikan dan setiap peserta juga diberikan baju. Kegiatan tersebut dihadiri Kapolsek, Danramil dan juga petani serta penyuluh di dari beberapa  kecamatan. [mar]
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru