Bendera Bulan Bintang dan Merah Putih Berdampingan Dikibarkan

BIREUEN- Memperingati MoU Helsinki ke-18 tahun 15 Agustus 2005-15 Agustus 2023, berlangsung di Gampong Tanjong Raya Kecamatan Gandapura yang digelar Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Jaringan Aneuk Syuhada Aceh (JASA) Wilayah Batee Iliek Kabupaten Bireuen, Selasa 15-08-2023.

Pada acara peringatan MoU Helsinki Ke-18 tahun, dua bendera dikibarkan secara bersandingan di Gampong Tanjong Raya, Antara bendera Bulan Bintang dan bendera Merah Putih,

Bendera kebanggaan bangsa Aceh tersebut, dikibarkan bertepatan dengan peringatan perjanjian damai antara Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dengan Republik Indonesia (RI) yang disebut-sebut MoU Helsinki ke-18 tahun (15 Agustus 2005-15 Agustus 2023).

Turut hadir pada acara tersebut, Kapolres Bireuen AKBP Jatmiko SH MH, Kapolsek Gandapura, camat, sejumlah aparat TNI-Polri, eks kombatan GAM, tokoh masyarakat Gandapura, dan tamu undangan lainnya.

Disela-sela kegiatan tersebut, Ketua JASA Bireuen Tgk Mauliadi kepada TheAtjehNet. menyebutkan, pihaknya melaksanakan sejumlah kegiatan sejak pukul 09.30 WIB dan berakhir hingga malam hari.

"Sejak pagi, kami sudah melaksanakan zikir dan doa bersama, dengan mengkasadkan fahala kepada para syuhada atau eks kombatan GAM yang meninggal dimasa konflik Aceh. Semoga orang tua terdahulu, ditempatkan disisi Allah SWT," ucap Ketua JASA Bireuen.

Ia juga mengaku, selain melakukan doa dan zikir bersama, pihaknya juga menyantuni puluhan anak yatim piatu di Gampong Tanjong Raya dan desa sekitar.

Sembung Ketua JASA Bireuen Tgk Mauliadi, warga Tanjong Raya juga menyediakan kenduri untuk dinikmati oleh anak yatim, fakir miskin dan para tamu undangan, sebagai bentuk syukuran atas perdamaian bangsa Aceh ke-18 tahun.

Ia berharap kepada seluruh bangsa Aceh, moment peringatan MoU Helsinki dilaksanakan setiap tahun di seluruh pelosok-pelosok, karena perdamaian yang sudah diperjuangkan oleh orang tua terdahulu sangatlah mahal.

Dengan karena itu, ia mengajak kepada seruluh pemuda-pemudi Aceh khususnya Pemuda-Pemudi Bireuen, untuk merawat perdamaian ini dengan sebaik-baiknya.

Terkait pengibaran bendera Bulan Bintang, Tgk Mauliadi Sulaiman mengaku, tidak pernah memerintahkan pengurus JASA untuk mengibarkannya. Bahkan, pengibaran tersebut tanpa sepengetahuan dirinya, yang pada moment itu sedang memberikan sambutan tentang perjanjian MoU Helsinki di atas panggung disaksikan banyak Masyarakat yang beradir.

"sebenarnya, saya sangat berminat menaikkan bendera Bulan Bintang sendiri. Namun, atas dasar semua pertimbangan, saya tidak mengibarkan bendera itu. Tiba-tiba, aneuk syuhada (JASA) dan masyarakat Gampong Tanjong Raya mengambil dua bendera yaitu merah putih dan bintang bulan yang sudah disiapkan, untuk dikibarkan secara seksama," ujar Tgk Mauliadi.

Ia berharap, perdamaian ini menjadi perdamaian yang hakiki bagi bangsa Aceh dalam konteks MoU Helsinki dan bendera bulan bintang bisa dikibarkan secara bersamaan dengan bendera merah putih di setiap 15 Agustus.

"Saya berharap kepada semua anak-anak JASA Bireuen dan pemuda Tanjong Raya, agar jangan terprovokasi dengan kelompok-kelompok yang tidak bertanggung jawab di Aceh untuk merusak perdamaian MoU Helsinki. Rawat dan jaga perdamaian ini dengan baik," harap Ketua JASA Bireuen Tgk Mauliadi.(MS)

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru