Ners Rody Kunjungi LP Khusus Anak Banda Aceh Guna Memberi Motivasi

BANDA ACEH - Dalam rangka 10 Muharram, Ners Rody dan Timsusnya memberikan motivasi di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Banda Aceh dengan tema "Membangkitkan Kembali Harapan Penghuni Lapas Khusus Anak," Kamis (27/7/2023). 

Dalam paparannya, Ners Rody  menggarisbawahi bahwa keluarga memiliki peran penting dalam membentuk karakter seorang anak. Pondasi karakter anak ini terbentuk sejak dini dan akan terus berkembang seiring pertumbuhan anak. "Cara anak bersikap terhadap orang lain dipengaruhi oleh bagaimana ia diasuh oleh keluarga. Oleh karena itu, pengasuhan yang baik sangat berpengaruh bagi perkembangan anak."

Ners Rody juga menekankan bahwa tidak ada standar atau nilai yang baku dalam mengasuh anak. Setiap anak unik dan berbeda, dan cara mengasuhnya juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan karakter masing-masing anak. Ketika anak tumbuh dewasa dan dihadapkan pada situasi yang memerlukan pengambilan keputusan, pengasuhan yang ia terima di masa kecil akan memengaruhi bagaimana ia mengambil keputusan tersebut.

Ners Rody menyadari bahwa seringkali kesalahan keputusan yang diambil oleh anak berhubungan dengan pola asuh yang ia terima dari orang tuanya. Kesalahan keputusan ini bisa berujung pada masuknya anak ke dalam Lapas khusus anak. 

"Hal ini menyebabkan mereka kehilangan harapan dan passion untuk bermasyarakat dan berinovasi, serta cenderung menutup diri karena dianggap sebagai anak yang salah langkah oleh masyarakat," imbuhnya. 

"Pentingnya anak mengenali diri sendiri dan mengetahui identitasnya. Anak perlu menyadari apa yang disukai dan tidak disukai serta memahami alasan eksistensinya di dunia dan tujuan hidupnya. Setelah anak mengenal dirinya sendiri, mereka harus didorong untuk menerima dan mencintai keunikan diri mereka," tekan Ners Rody.

Tambahnya, Hal ini akan membantu mereka mengembangkan potensi yang dimiliki dan mengeksplorasi banyak hal baru yang dapat membawa potensi-potensi baru yang tidak pernah terduga sebelumnya.

Ners Rody menegaskan bahwa pembentukan karakter anak, termasuk narapidana anak di LPKA, penting dilakukan. Meskipun dalam situasi keterbatasan, proses pembentukan karakter ini dapat membantu menciptakan stigma baru di masyarakat, yaitu bahwa setiap anak memiliki masa depan yang cerah tanpa pandang bulu. Hal ini juga akan membantu mereka menjadi individu yang kompeten dan mencapai harapan bangsa Indonesia.

Dengan paparannya, Ners Rody dan Timsusnya berharap dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi para penghuni LPKA Kelas II Banda Aceh untuk kembali menemukan harapan, mengembangkan potensi diri, dan meraih masa depan yang lebih baik. []
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru