Sekda Gayolues buka Festival Kesenian dan Teater Semarak Seni Negeri Antara 2023 di Bale Musara

Blangkejeren - PJ Bupti Gayolues Di wakili PJ sekda membuka Kegiatan Kesenian Festival Teater dalam rangka Semarak Seni Negeri Antara 2023 di Bale Musara pada Jumat 12/05/2023
Kegiatan ini berlangsung selama dua 12-13 2023.dengan Tema : Bersama Kita Rukun Berseni kita Bahagia

PJ Bupati dalam sambutan Sekaligus Pembukaan Secara resmi yang dibacakan oleh Sekda Kab.uoten Gayo Lues, H.Jata, S.E., M.M.

Dengan adanya Festival Kesenian dan Teater Yang bertujuan untuk mengangkat dan melestarikan kesenian teater daerah aceh khususnya Gayo Lues. adalah hal ini baru bagi generasi milenial Gayo Lues, namun sesungguhnya jauh sebelum ini, pada tahun 1980-an, Gayo Lues telah memiliki pelaku-pelaku seni di dilakukan bidang teater ini, yang secara rutin digelaran, khususnya di kota blangkejeren. namun dengan berjalannya waktu, seni ini telah lama menghilang di tengah masyarakat Gayo Lues.

Maka dari itu. kami sebagai pimpinan daerah kabupaten Gayo Lues sangat mengapresiasi kegiatan ini, semoga kita bisa kembali menggali potensi-potensi yang ada. agar kita menjadi kabupaten yang tidak lupa akan akar budaya daerahnya.

Mungkin dalam benak kita, Negeri Antara hanya julukan bagi kabupaten Aceh Tengah, namun tidaklah demikian. karena sesungguhnya negeri antara merupakan julukan bagi daerah dataran tinggi gayo dimana Gayo Lues merupakan salah satu rumpun dalam negeri antara ini. kesamaan bahasa, seni dan budaya telah menunjukan hal tersebut. demikian juga hal nya.,Dengan daerah-daerah di pesisir Aceh, mereka juga aga bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan dan kebudayaan kita. karena sejatinya kita adalah sama, walau ada perbedaan bahasa, namun budaya kita adalah sama, yakni sama-sama budaya yang diwarisi dari keluhuran seni dan budaya islam.

Untuk itulah, dalam kesempatan ini, saya mengajak kepada kita semua untuk tetap memelihara dan menjaga keberagaman budaya sebagai modal untuk membangun generasi muda yang berkualitas dan kompetitif.

Hal ini sangat sesuai dengan tema yang diusung yakni "bersama kita rukun, berseni kita bahagia". maka dari itu kami berharap agar event ini dapat mengimplementasikan nilai-nilai kerja dan gotong royong integritas, etos sehingga mampu mempersatukan berbagai lapisan masyarakat melalui khasanah budaya.

Oleh karenanya pemerintah kabupaten gayo lues berharap agar masyarakat dapat mengetahui kesenian dan kebudayaan yang ada di daerahnya melalui pagelaran semarak seni negeri antara yang diadakan ini. serta ajang ini sebagai salah satu cara memelihara toleransi dan kerukunan masyarakat.

Marilah kita jadikan semarak seni negeri antara ini sebagai peristiwa penting sekaligus momentum yang sangat berharga bagi kita untuk melestarikan seni budaya, khususnya seni teater dan aneka jenis tari-tarian yang ada di Gayo Lues dan di tanah air pada umumnya.

Pemerhati seni dan Budaya Rijaluddin, S.H., M.H. yang juga merupakan Anggota DPRA Aceh  mengucapkan terima kasih saya kepada pemerintah Aceh kepada Dinas Pariwisata dan kebudayaan Provinsi Aceh yang hari ini diwakili oleh Gubernur sebagai perwakilanya Hadir dalam pentas Festival kesenian di gayolues tersebut

Hadir dalam acara tersebut ,Dandim 0113/Gayo Lues, Letkol Inf krismanto S.pd., Kapolres Gayo Lues, AKBP Efrianza, S.I.K., Kajari Gayo Lues, Ismail Fahmi S.H., Wakil Ketua Pengadilan Negeri Blangkejeren, Bob Rosman, S.H., M.M., Ketua Mahkamah Syariah Blangkejeren, T.Swandi S.H.,M.H., Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Aceh diwakili oleh Kabid Bahasa dan Seni Disbudpar Aceh Nurlaila Hamjah, S.Sos, MM., Pemerhati Seni dan Budaya, Rijaluddin, S.H., M.H., Para Kepala SKPK Kabupaten Gayo Lues., Para PJU Polres Gayo Lues., Personil Polres Gayo Lues., Personil Satpol PP Gayo Lues., Para Ibu Darmawanita Kabupaten Gayo Lues., Tokoh Masyarakat., Masyarakat Kabupaten Gayo Lues. (Kamsah Galus)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru