Unimal Lhokseumawe dan Korem 011/Lilawangsa Adakan Kerja Sama, Ini Tujuannya

Lhokseumawe – Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa Kolonel Inf Bayu Permana datangi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Malikussaleh (Unimal) di Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe, Senin (09/01/2023). Kehadirannya didampingi Perwira Stafnya memenuhi undangan Rektor Universitas Malikussaleh (Unimal) Dr. Herman Fithra, S.T., M.T, I.P.M., Asean.Eng.

Kunjungan itu juga bertujuan membahas peluang kerjasama antara Unimal dan TNI yang sebelumnya sempat terjalin pada Tahun 2020 lalu, antara Unimal dengan TNI Korem 011/Lilawangsa dengan program studi pertanian ketahanan pangan sebagai percontohan dalam menciptakan SDM mahasiswa pertanian yang modern dan handal, sebab, pertanian adalah komuditi suatu negara ciptakan ketahanan pangan nasional.

"Di era sekarang, kolaborasi atau kerjasama sangat penting, dimana unsur pemerintah, stakeholder, media bahkan mahasiswa sekali pun turut serta berkomitmen untuk membantu meningkatkan ilmu wawasan kebangsaan dan ketahanan pangan, meningkatkan perekonomian masyarakat," kata Danrem Bayu Permana.

Menurut Alumni Akmil 94 itu mengatakan, kerjasama dan diskusi ini, diharapkan menjadi masukan dari para mahasiswa S1 dan S2 yang ingin melakukan penelitian terhadap Institusi TNI selalu ada di tengah-tengah masyarakat, walaupun saat ini menurut surve di masyarakat sendiri TNI mendapat peringkat pertama yaitu 97 %, tutur Danrem.

"Diketahui bersama, kegiatan yang dilakukan TNI tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat, salah satunya membantu penanganan Pandemi Covid-19. jadi kami ingin masukkan dari mahasiswa yang melakukan penelitian pasca Konflik kepada masyarakat, sehingga hasil dari penelitian tersebut benar-benar akurat dan dapat kami terapkan dalam meningkatkan pengabdian kepada bangsa dan masyarakat,"

"Karna saat ini banyak mahasiswa setelah pasca sarjana bekerja di pemerintah tidak sesuai dengan bidang studinya waktu di perguruan tinggi, dan tidak menerapkan ilmunya selama kuliah untuk pengabdian kepada masyarakat. Selain itu kami juga akan menjalin hubungan kerja sama apabila ada anggota TNI jajaran Korem 011/Lilawangsa yang ingin melanjutkan kuliah di Universitas Malikussaaleh," pungkas Danrem.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh Dr. M. Nazaruddin, M.Si mengatakan, syukur Alhamdulillah kita hari ini mendapatkan Silaturahmi Danrem ke Universitas Malikussaleh. Kedepan diharapkan Korem 011/Lilawangsa dapat mengisi ilmu ketahanan.

"Kami juga menyiapkan beberapa draf dan kerjasama antara lembaga, antar instansi karna sangat penting untuk meningkatkan akreditasi Universitas Malikussaleh, dalam hal kerjasama ini mencakup 3 hal diantaranya terkait, Pendidikan, Penelitian, serta peran pengabdian kepada masyarakat. Kami sebagai penyelenggara pendidikan sangat besar bermanfaat untuk menjalin kerjasama dengan Korem 011/Lilawangsa." Harap Rektor.

Kunjungan dalam rangka kerja sama antara TNI Korem 011/Lilawangsa dan Universitas Malikussaleh berlangsung di Ruang Rapat Dekanat Fisipol Unimal, Desa Blang Puloh, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe, Selain Danrem, acara turut dihadiri antara lain, Rektor Unimal Dr. Herman Fithra, S.T., M.T, I.P.M., Asean.Eng, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Dr. M. Nazaruddin, M.Si beserta Staf dan para Dosen, para Kasi dan Pasi Korem 011/Lilawangsa.
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru