Bangun Konsolidasi dan Revitalisasi, Ormas Islam Meulaboh Bentuk Aliansi

author photoM. Sulaiman
21 Jul 2022 - 20:19 WIB

MEULABOH- Organisasi Masyarakat (ormas) Islam berbasis dayah dan Ahlusunnah Waljamaah, Meulaboh, Aceh Barat melakukan konsolidasi dan merevitalisasi pengerakan keummatan dengan membentuk aliansi.


Adapun dalam rapat dan Konsolidasi, dilaksanakan di Dayah Tgk Ustazi Syarsal, MA, Dayah Bahrul Ulum Islamic School (Bulisc), Gampong Mesjid, Kaway XVI, Aceh Barat Kamis 21 Juli 2022.


Pimpinan Dayah Istiqamatuddin Teuku Umar, Tgk Muhammad Amin, terpilih secara aklamasi sebagai ketua aliansi yang diberi nama, Aliansi Ormas Islam Meulaboh. Sedangkan Sekretaris umum dijabat oleh Tgk Najamul Wathan, M. Sc, untuk Bendahara diisi oleh Tgk Fadhlan Ali,


Sementara dibadang Humas dipangku oleh Tgk Adwina Pakeh, M.Sc dan Jubir Tgk Giyanto, SKM, M.Kes dan Tim Media/Publikasi dipercayakan kepada Tgk Imam dan Tgk Mutawaly.


Aliansi berbasis aktifis Dayah dan Aswaja Aceh ini di bawah arahan dan bimbingan pimpinan dayah dan para ketua dari 13 ormas tergabung dalam aliansi.


"Berikut nama-nama ormas yang terbagung dalam DPW Ikatan Sarjana Alumni Dayah (ISAD) Aceh Barat,  Rabithah Thaliban Aceh (RTA) Aceh Barat, Majlis Aneuk Aceh Barat (MABAB), DPW Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) Aceh Barat, PERTI Aceh Barat, Bakomubin Aceh Barat, Garda, HIPSI, Iksadi, BKPRMI, Tastafi Aceh Barat. Rabithah Alawiyah Meulaboh, PERGUNU Aceh Barat.


Dikatakan dalam sambutan Ketua terpilih. Tgk Muhammad Amin yang di dampingi Jubir, Giyanto, Kita telah sepakat membentuk aliansi ormas islam ini tidak berafiliasi dengan politik, hanya sebagai wadah mempererat dan membangun kerjasama sejumlah agenda keummatan yang selama ini agak susah dilaksanakan jika tidak secara kolektif/jama'i. jika hanya satu dua ormas, ada agenda-agenda besar, sulit diwujudkan secara maksimal, sebutnya.


Sebelumnya, Aliansi telah melakukan rapat perdana di sekretariat Warkop Ayah Bang Kupi (ABK) Jl. Sisingamanga raja, Gampa, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, guna untuk menyamakan persepsi bagaimana membangun Konsolidasi dan merevitalisasi, semua Ormas Islam Meulaboh agar sama-sama bergerak menuju perbaikan kedepan, selama ini kita sama-sama bekerja, namun tidak bekerjasama. Maka sekarang harus satukan visi untuk perbaikan Aceh Barat kedepan.


" Sedangkan hasil rapat, maka kita telah sepakat untuk memperkuat pelaksanaan Syariat Islam secara kaffah di bumi Teuku Umar ini, kita akan selalu membuat rapat rutin bulanan, membuat seminar, untuk melaksanakan kajian keislaman dan beraudiensi dengan dinas/kementerian terkait program aliansi.'' Ungkap Giyanto selaku jubir di meulaboh.(Red)
KOMENTAR