Tugas " Warga Nahdiyin" Sangat Besar di Era Masa Kini.

author photoHasan Basri
24 Apr 2022 - 03:38 WIB

TheAtjeh.Net, Aceh Timur- Ratusan warga Nahdiyin Aceh Timur mengikuti Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Aceh Timur. 

Acara yang mengangkat Tema "Moderasi Beragama Menuju Kebangkitan Umat Yang Toleran dan Damai" yang digelar di Aula Kankemenag Aceh Timur, Tanoh Anou, Keca Idi Rayeuk. Sabtu, 23-04-2022. 

Acara tersebut menghadirkan Dua pemateri yang tidak asing di kancah warga Nahdiyin khususnya Aceh Timur Kota Langsa bahkan ditingkat Provinsi Aceh, yakni Ketua PCNU Aceh Timur Tgk Safwan Aba Aminy S.Ag MH dan Dr Ismail Fahmi Arrauf MA yang merupakan Dosen IAIN Langsa.

Dalam materinya Tgk Safwan memaparkan, tugas warga Nahdiyin diera Globalisasi dan Digitalisasi saat ini sangat besar, karena menurutnya warga Nahdiyin harus mampu mengemban tugas untuk merawat bangsa ini menjadi arah yang lebih baik. 

"Dengan gerakan ini kita harus mampu mentranformasi untuk merawat peradaban, Hadratus Syeikh (Maha Guru) kita KH M Hasyim Asyari yang ikut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia sehingga kita bisa hidup dalam kedamaian seperti saat ini, nah saat ini giliran kita untuk merawatnya agar kiblat warga Nahdiyin tetap kepada Ulama.

Sementara Dr Ismail Fahmi Arrauf menjelaskan bahwa pada dasarnya islam sudah sangat mederat sehingga jika dipahami dengan sebenarnya islam adalah agama yang selalu menyimbangi disemua lini kehidupan. 

"Islam adalah agama moderat dan seimbang, kemoderatan dan keseimbangan merupakan jalan hidup (way of live) yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW selama hidupnya" Ungkap Dr Fahmi yang juga Sekretaris PCNU Kota Langsa.

Acara yang dikemas dengan buka puasa ditutup dengan pembacaan doa yang disampaikan oleh H Akly Kasubag TU Kankemenag Aceh Timur yang juga Rais PCNU Aceh Timur terdahulu. 

Tidak hanya itu, acara tersebut juga dihadiri oleh GP Ansor, PC-PMII Aceh Timur, IKA-PMII Aceh Timur, Fatayat NU Aceh Timur, MWCU Kecamatan Peunaron, IPNU, IPPNU, JATMAN, PERGUNU Aceh Timur, Ikatan Nelayan NU, Ikatan Buruh Muslim Indonesia (Sarbumusi) Aceh Timur, Pengurus Pencak Silat Pagar Nusa, ISNU, JQHNU  dan tamu undangan dari berbagai lintas sektor. (Basri) 

Teks Foto : Keluarga besar Nahdiyin Aceh Timur. Sabtu 23-04-2022.
KOMENTAR