Ketua DPRK Buka Mukhayyam Al-Qur’an Khusus Ibu-Ibu

author photoRedaksi
17 Apr 2022 - 19:29 WIB


Banda Aceh – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh, Farid Nyak Umar, menggelar Mukhayyam (kemah) Al-Qur’an. Kegiatan ini berlangsung di Rumah Dinas Ketua DPRK di kawasan Neusu, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Minggu (17/04/2022).


Kegiatan yang dibuka langsung oleh Ketua Farid Nyak Umar ini akan berlangsung dari tanggal 17 sampai 19 April 2022. Acara ini dihadiri oleh peserta dari kalangan ibu-ibu perwakilan setiap gampong dalam Kecamatan Kuta Alam.


Ketua DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar dalam sambutannya menyampaikan, Mukhayyam Al-Qur’an ini bagian dari kegiatan Paket Ramadhan Berkah Bersama Ketua DPRK. Kegiatan ini merupakan ikhtiar untuk mendekatkan diri kita dengan Al-Qur’an khususnya di bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini.


“Acara ini dilaksanakan selama tiga hari, tujuan dari kegiatan ini agar hubungan kita semakin dekat dengan Al-Qur’an sehingga dapat meraih kemuliaan bersama Al-Qur’an,” kata Farid saat menyampaikan sambutannya.


Lebih lanjut Farid menjelaskan adapun latar belakang dilaksanakan kegiatan ini untuk memaksimalkan ibadah di bulan suci Ramadhan, karena bulan Ramadhan juga bulan diturunkannya Al-Qur’an oleh Allah Swt.


“Mari kita perbanyak membaca dan belajar Al-Qur’an, karena Ramadan merupakan momentum yang paling baik untuk mengkaji Al-Qur’an, mudah-mudahan dengan kegiatan mukhayyam ini kita semakin dekat dengan Al-Qur’an sehinga bisa meraih kemulian,” tutur politisi PKS tersebut.


Panitia Mukhayyam Al-Qur’an, Yuhasniza, menyebutkan bahwa kegiatan ini dikhususkan untuk ibu-ibu dari perwakilan majelis taklim di Kota Banda Aceh. Karena ibu adalah sekolah pertama (madrasatul ula) bagi anak-anaknya, sehingga ketika ibu-ibu semakin dekat dengan Al-Qur’an maka cahaya Al-Qur’an akan memenuhi seisi rumahnya.


“Ibu adalah madrasatul ula bagi seorang anak, jika ibu dekat dengan Al-Qur’an maka seisi rumah akan mendapatkan keberkahan. Diharapkan ruh Al-Qur’an semakin hidup di bulan Ramadhan ini dan mendapatkan kemuliaan serta mengalir keberkahan bagi semua,” tutur Yuhasniza.


Hafnati Rahmatan, salah seorang dari Majelis Taklim An-Nisa Masjid Baiturrahmah, Gampong Keuramat, mengatakan dirinya sangat bersyukur karena dapat mengikuti kegiatan mukhayyam tersebut karena bisa mendalami Al-Qur’an, khususnya memperbaiki bacaan Al-Qur’an dengan belajar tahsin.


“Alhamdulillah lewat kegiatan ini kami dapat mengikuti kajian dan belajar tajwid Al-Qur’an dengan benar, membaca secara tartil, sehingga interaksi kami dengan Al-Qur’an semakin baik. Semoga ke depan dapat diundang peserta yang lebih banyak lagi,” ungkap Hafnati Rahmatan yang juga seorang dosen di USK.


Para peserta dari kalangan ibu-ibu tersebut terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, terutama saat mempraktikkan bacaan tajwid yang dipandu oleh narasumber Ustadzah Rahmiyati, Lc., M.Us. yang merupakan alumnus Universitas Al-Azhar, Mesir dan University Kuala Lumpur.


Di samping mempelajari tahsin, Mukhayyam Al-Qur’an juga diisi dengan tafsir Al-Qur’an, diskusi seputar Al-Qur’an, dan berbagai kajian lainnya. [Adv]

KOMENTAR