Baitul Mal Gayo Lues harapkan kerja sama Para Muzakki agar penyaluran Zakat lebih tepat sasaran

author photoKamsah
27 Jan 2022 - 12:09 WIB

Blangkejeren - agar penyaluran Zakat, Infak lebih tepat sasaran dan menyebar, Baitul Mal Gayo Lues mengharapkan kepada para Muzakki yang ada di Kabupaten Gayo Lues, agar bekerjasama dan menyalurkan Zakat mereka melalui Baitul Mal sebagai Lembaga yang resmi dalam hal penyaluran Zakat, Infak dan lainnya.

Menurut Kepala Baitul Mal Gayo Lues Tgk.Kamsah Rema didampingi Koordinator Pendamping Penyaluran Zakat Tgk. Al-Misriadi SPd.M.Ikom  mengatakan,Rabu ( 26/1) di ruang kerjanya mengatakan, penyaluran Zakat ,infak dan lainnya oleh Baitul Mal Gayo Lues untuk Tahun ini lebih tepat sasaran dan menyebar di 11 Kecamatan.

Penyaluran Zakat tersebut antara lain, Rehabilitasi 100 Unit rumah Duafa di 11 Kecamatan antara lain, Kecamatan Blangkejeren 20 Unit, Kutapanjang  11 Unit, Blang Jerango 10 Unit, Terangun 10 Unit, Tripe Jaya10 unit, Rikit Gaib 7 unit , 
Pantan Cuaca 7 unit, Dabun Gelang 3 unit, Putri Betung 8 unit, Pining 7 unit dan Kecamatan Blang Pegayon 7 unit.

Selain rehabilitasi rumah duafa Baitul Mal juga menyalurkan zakat berupa bantuan terhadap siswa siswi kurang mampu dan berprestasi di tingkat SD/SMP dan ini sudah kita salurkan sejumlah 100 siswa yang kita ambil dari 11 Kecamatan, dengan nilai bantuan Rp.800 ribu rupiah untuk SD, dan Rp.1 Juta Rupiah untuk SMP, sebutnya.

Selain itu penyaluran zakat dari para Muzakki ini juga kepada 200 pedagang yang berstatus sosial janda dan mempunyai modal usaha yang sangat minim , dan beberapa diantara mereka banyak yang terbelit hutang pinjaman dari koperasi  koperasi, penyaluran bantuan ini juga  menyebar di Kabupaten Gayo Lues, jelas nya.

Menurut Tgk.Kamsah Rema, memang sudah saat nya penyaluran Zakat dari Baitul Mal Gayo Lues harus tepat sasaran dan tidak boleh menyimpang dari aturan, kami bekerja ikhlas, dalam hal ini kami meminta kerjasama para Muzakki Gayo Lues agar menyalurkan zakat nya melalui Baitul Mal Gayo Lues, karena masih banyak saudara saudara kita yang membutuhkan uluran tangan kita dan belum sepenuhnya tersentuh, 

Sekali lagi kami sampaikan kepada para Muzakki di Gayo Lues yang berupa pengusaha pengusaha besar dan sukses, serta instansi Vertikal percayakan penyaluran Zakat anda kepada Baitul Mal Gayo Lues , tidak perlu ragu karena dalam penyaluran nya Baitul Mal Gayo Lues telah membentuk Tim Pendamping dibawah koordinator Ketua Tim  Tgk.Almisriadi SPD.M.ikom, jelasnya.


Sementara Ketua Tim Pendamping Tgk.Almisriadi Spd.M.Ikom  menegaskan, sejumlah Tim Pendamping dari Baitul Mal sudah dibentuk dan disebar di 11 Kecamatan , tugas mereka adalah untuk memastikan penyaluran Zakat ,infak dan lain lain, dari Baitul Mal tersampaikan kepada yang bersangkutan dan sekaligus tugas mereka memantau dan kembali mendata setiap desa, bagi masyarakat yang layak menerima.

Seperti contoh penyaluran rehabilitasi 100 unit rumah Duafa ini, dipastikan setiap para Musafiq menerima senilai Rp.17 Juta rupiah, dan untuk ongkos tukang dipastikan seragam Rp.  4 Juta Rupiah, sementara untuk bahan disesuaikan dengan RAB atau kebutuhan yang diusulkan oleh yang menerima, dan bahan tersebut dibeli langsung oleh mereka, melalui pengawasan Tim Pendamping, sebut nya.

Ditambahkan, kedepan Baitul Mal Gayo Lues tengah melakukan terobosan terobosan baru, diantara nya membentuk dan mempungsikan  Tim UPZ ( Unit Pengumpulan Zakat) agar Zakat dari para Muzakki dapat terserap lebih baik lagi, dan dikelola secara baik dan profesional oleh Baitul Mal Gayo Lues. Tim UPZ ini nantinya bertugas untuk mengumpulkan zakat dan langsung mendatangi dan menjalin kerjasama dengan instansi Vertikal dan Pengusaha Pengusaha Besar dan Sukses yang ada di Gayo Lues,  terobosan lain nya kedepan Baitul Mal juga tengah memprogramkan Bedah Rumah yang bernilai Rp.50 Juta Rupiah untuk setiap rumah nya, tambah Al-Misriadi.

Dan dapat dipastikan semua penyaluran Dana dari Baitul Mal dibawah pengawalan dan Pengawasan Tim Pendamping, untuk itu kami sampaikan sekali lagi kepada para pemberi Zakat (Muzakki) percayakan kepada Baitul Mal Gayo Lues, agar Zakat anda dapat lebih tepat sasaran dan menyebar serta dinikmati oleh mereka yang layak menerimanya, doa para Musafiq akan dikabulkan Allah SWT, untuk keberkahan kita semua, jelas nya.

Selanjutnya buat para Musafiq atau yang berhak menerima bantuan Zakat, Doa dan keikhlasan hati anda sangat kami harapkan untuk para Muzakki, agar mereka senantiasa diberikan Kesehatan, Keberkahan Rizki dan menjadi bagian dari hamba Allah yang Shalih, Aamiin Ya Rabb, pungkas Tgk.Almsriadi.(kamsah Galus)
KOMENTAR