Korem 011/LW Lakukan Tactical Floor Game Kesiapan Penanggulangan Bencana

author photoRedaksi
11 Nov 2021 - 21:09 WIB

LHOKSEUMAWE – Kesiap siagaan dalam perbantuan Penanggulangan Bencana Alam (Gubencal) yang terjadi di Aceh Utara, Korem 011/Lilawangsa melakukan Tactical Floor Game kepada peserta latihan di Gedung Achmad Yani Makorem 011/LW setempat, Kamis (11/11/2021).

Kasi Ops Korem 011/LW Letkol Inf Andre Sagita Putra mengatakan, Tactical Floor Game atau dril taktis sebagai gambaran kesiapan pelaksanaan bagi seluruh peserta dibidang masing-masing agar memahami apa yang dilakukan pada saat menghadapi bencana yang sebenarnya terjadi, sebutnya.

Kasi Ops melanjutkan, latihan yang digelar hingga di hari keempat saat ini, merupakan skenario latihan penanggulangan bencana. Namun demikian, di Provinsi Aceh, khususnya di Wilayah Korem 011/Lilawangsa rentan terjadinya bencana Alam, seperti di akhir tahun 2021 di beberapa daerah terjadi bencana, ungkapnya.

Sementara itu, Dosen Manajemen Bencana Poltekkes Kemenkes Aceh Prodi Keperawatan Aceh Utara Ns Yusrawati. S.kep,M.Kes mengatakan pemerintah adalah koordinator untuk menggerakkan semua potensi yang ada di masyarakat dan swasta untuk terlibat dalam penanggulangan bencana, baik pra, saat dan pasca bencana. 

 "Jika kondisi terisolir, respon tim PB bisa mencapai lokasi sesegera mungkin setelah berita bencana di terima. Begitu pun peralatan, personil dan perbekalan yang memadai sehingga medan seburuk apapun bisa dilalui," lanjutnya.

Sebagai informasi, pada hari kelima, Jumat 12 November, akan digelar pelaksanaan simulasi penanggulangan bencana alam di pusatkan di Kecamatan Matangkuli, Kabupaten Aceh Utara.

Simulasi yang digelar akan memperagakan kejadian seperti yang sebenarnya, termasuk menurunkan berbagai perlengkapan dan kendaraan dalam kesiap siagaan penanggulangan bencana
KOMENTAR