Diduga Gegara Puntung Rokok, Picu Kebakaran Hutan di Bener Meriah

author photoRedaksi
11 Okt 2021 - 20:23 WIB

REDELONG - Tim gabungan berupaya memadamkan sisa kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) seluas 2 rante (sekitar 1300 m2) di Desa Bandar Jaya, Kecamatan Bener Kelifah, Kabupaten Bener Meriah.

"Upaya dilakukan personel gabungan dari TNI Koramil 05/Permata, Polsek Bandar dan masyarakat  yang membantu petugas dengan menggunakan 2 unit mobil Damkar berusaha memadamkan api secara menyeluruh," kata Danramil 05/Permata  Kapten inf Ruhdianto Senin (11/10/2021).

Danramil Permata kapten inf Ruhdianto menjelaskan, kebakaran terjadi pada  Senin pagi, berdasarkan laporan dari seorang warga bernama Ali yang sedang melintas dan melihat kepulan asap di lahan kosong, kemudian melapor ke pihak Polsek Bandar dan menghubungi petugas pemadam kebakaran Bener Meriah.

"Percepatan pemadaman kebakaran dilakukan oleh tim petugas Karhutla, pada pukul 12.20 Wib api berhasil dipadamkan. Diperkirakan lahan yang terbakar seluas 2 rante, katanya.

Kebakaran terjadi diduga akibat adanya pengguna jalan yang membuang puntung rokok sembarangan di lahan  yang terdapat rumput kering. Musim kemarau dan angin kencang menyebabkan api dengan cepat membesar.
KOMENTAR