Wabup Fauzi Yusuf Usul Lahan Gambut dan Kering untuk Pengembangan Pertanian

ACEH UTARA - Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf mengusulkan program  pengembangan lahan gambut dan lahan kering untuk perluasan areal pertanian di daerah ini kepada Kementerian Pertanian.
Usulan itu disampaikan Fauzi Yusuf saat mendampingi kunjungan Staf Ahli Menteri Pertanian Sarwo Edhy yang berkunjung ke Aceh Utara untuk meninjau sejumlah infrastruktur pertanian, Sabtu, 12 Juni 2021, akhir pekan lalu. 

"Kami sangat mengapresiasi kunjungan Bapak Staf Ahli Menteri Pertanian ke Aceh Utara, untuk itu kita telah menyiapkan sejumlah program yang sangat perlu ditindaklanjuti oleh Pemerintah Pusat untuk pembangunan pertanian di daerah kita," kata Fauzi Yusuf.

Menurut Wabup yang akrab disapa Sidom Peng ini, di Aceh Utara masih sangat luas areal atau lahan yang bisa digarap untuk ekstensifikasi dan intensifikasi pertanian. Bahkan saat ini ada petani yang mulai mengembangkan tanaman porang yang sangat potensial untuk tujuan ekspor. "Kita sangat mendukung pengembangan tanaman ini, yang saat ini bahkan masih dianggap sebagai gulma oleh masyarakat kita," ungkap Fauzi, Selasa, 15 Juni 2021.

Selain itu, Pemkab Aceh Utara juga mengusulkan pengembangan areal tanaman jagung serta tanaman pangan lainnya dengan pemanfaatan lahan gambut dan lahan kering. 

"Kita harapkan program yang kita usulkan ke Kementerian Pertanian, di antaranya program lahan gambut dan lahan kering bisa terealisasi pada tahun 2022 mendatang," harap Fauzi.

Dalam kunjungannya di Aceh Utara, Staf Ahli Menteri Pertanian Sarwo Edhy di antaranya meninjau infrastruktur pertanian sawah di Gampong Meunasah Nga Matang Ubi Kecamatan Lhoksuko, sekaligus melakukan observasi serta pertemuan dangan para penyuluh dan masyarakat tani.

Sehari sebelumnya, pada Jumat, 11 Juni 2021, Sarwo Edhy juga bertemu dengan Bupati Aceh Utara di Pendopo Bupati di Lhokseumawe. Selanjutnya mengunjungi Dayah Babussalam di Kecamatan Matangkuli bertemu dengan para santri. Hal itu dimaksudkan untuk memotivasi para santri milenial untuk mendukung program-program pembangunan kreatif di bidang pertanian pada masa mendatang.

Selain Wakil Bupati Fauzi Yusuf, kunjungan Staf Ahli Menteri Pertanian Sarwo Edhy (yang juga mantan Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian), juga turut didampingi oleh Asisten II Sekdakab Aceh Utara Ir Risawan Bentara, MT, Kepala Dinas Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Ir Lilis Indriansyah, MP, Plt Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Erwandi, SP, MSi, serta sejumlah pejabat terkait.*
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru