Hikmah Idul Fitri: Remaja Masjid Besar AL-IKHLAS Kuta Blang Santuni Ratusan Anak Yatim Piatu

author photoM. Sulaiman
13 Mei 2021 - 17:19 WIB

BIREUEN- Diawali dengan Shalat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442-H secara berjamaah, Penyantunan Ratusan Anak Yatim Piatu yang di laksanakan oleh panitia Masjid Besar AL-IKHLAS Kecamatan Kuta Blang Kabupaten Bireuen, Kamis 13 Mei 2021 pagi.


Shalat Idul Fitri berjamaah dilaksanakan sekira jam 7:42 WIB, sementara itu Tgk. Feri Irmawan sebagai Imam Shalat Idul Fitri, pada usai Shalat. Abiya Rauhul Mudi Jeunieb sebagai khatib, menyampaikan tausiah dihadapan Jamaah Shalat Idul Fitri.


Dihapan Jamaah shalat Idul Fitri 1 Syawal 1442-H, Abiya Jeunieb turut menyampaikan pesan kepada seluruh jamaah, untuk dapat saling menjaga anak yatim piatu, barang siapa yang tidak menghiraukan dan merawat anak yatim piatu, maka Allah sangat membenci kepada Hamba yang tidak menghiraukan mereka, karena kesedihan meraka di hari raya fitri, tidak sebanding dengan kesedihan kita,


"Dalam Tausiah Abiya Jeunieb, banyak yang dapat harus dipetik menjadi hikmah hidub di dunia, sebagaimana menjadi amal ibadah dikemudian hari, bulan suci Ramadhan sudah berakhir, maka sambut lah hari kemenangan, Kemerdekaan ummat Islam yang telah mampu menahan hawa nafsu selama menjalan kan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan, namun walau bulan suci ramadhan telah berakhir, hari Raya idul fitri telah tiba, jangat anggab ini sudah selesai tanggung jawab bagi kita semua, karena banyak kucuran Air mata para anak yatim piatu yang belum terhiraukan disekitar kita, mari kita jaga dan merawat para anak yatim piatu tersebut,"Pesan Abiya Jeunieb.


Para Jamaah Shalat Idul Fitri di halaman Masjid Besar AL-IKHLAS tersebut, dalam Amatan Media TheAtjehNet. Terlihat, sangat terharu mendengar tausiah Abiya Jeunieb, disela-sela tausiah juga para jamaah terdengar ada yang tertawa dan gembira, saat mendengar panyampaian kelucuan yang disampaikan Abiya Jeunieb.


Selesai Shalat Idul Fitri dan panyampaian Tausiah Abiya Jeunieb, dilangsungkan pada acara jabat tangan bersama anak yatim piatu, juga sesama para jamaah, sebagai ucapan permintaan maaf lahir dan bathin di hari yang fitrah,


Ketua Panitia Penyelenggara acara penyantunan Anak Yatim Piatu, Tgk Al Afdhal, Spd,I menyampaikan dalam Laporannya. Sementara anak yatim Piatu yang disantuni pada hari raya idul fitri 1442 H ini, mereka semua berasal dalam kecamatan kuta blang, sementara untuk anak yatim berjumlah 225 orang, anak yatim piatu berjumlah 25 orang dan total keseluruhan 250 orang anak yatim piatu.


"Tgk Al Afdhal, juga berharap kepada seluruh anak yatim piatu yang mendapat kan santunan ini, semoga dapat dimanfaatkan sebaik baiknya, semoga pada hari raya kedepan dapat kami santuni lagi," sebut Tgk Al Afdhal.


Disela Acara penyantunan Anak Yatim Piatu, Camat Kecamatan Kuta Blang Mukhsen, S. Ag, mengatakan sangat mengapresiasikan kepada pengurus Remaja Masjid Besar AL-IKHLAS yang telah melakukan santunan Anak Yatim Piatu, terus lah berbuat dalam kebaikan, karena pemuda harus di garda terdepan,


Di hari Raya Idul Fitri 1442-H ini, hanya remaja masjid besar AL-IKHLAS yang telah mampu menyantuni 250 orang anak yatim Piatu. Kami sangat bangga kepada pengurus masjid Besar ini, terus berjuang untuk kepentingan ummat dan Anak Yatim Piatu," Harap Camat Kuta Blang.


Saat awak media ini mewancarai salah satu Anak Yatim, Iqbal Muttakin, (10) dari Gampong Tingkeum Manyang menyebutkan, dia sangat senang dan terharu kepada orang-orang yang telah memberikan sumbangsih kepada dirinya serta untuk yang lain, semoga Allah akan membalas kebaikannya dan memudah kan rezeki yang melimpah, juga diberikan kesehatan oleh Allah bagi orang-orang yang telah mambatu kami, juga dirinya sangat berterimakasih kepada panitia acara Masjid Besar AL-IKHLAS Kuta Blang, Insya Allah sumbangan ini akan saya pergunakan dengan sebaik baik nya,"Terang Iqbal Muttakin.


Hadir pada acara penyantunan anak yatim piatu, diantarnya Abiya Jeunieb, Tgk. Feri Irmawan, Camat Kecamatan Kuta Blang Mukhsen, S. Ag
Ketua Panitia Acara Tgk. Al Afdhal, Imam Masjid Besar AL-IKHLAS, serta pengurus Remaja Masjid Besar, Perangkat Gampong Tingkeum Manyang, para Tokoh Masyarakat dalam Kecamatan Kuta Blang dan ribuan Jamaah Shalat Idul Fitri.(MS)
KOMENTAR