8 Rumah Roboh Akibat Banjir Bandang, Dandim dan Bupati Bener Meriah ke Lokasi

author photoRedaksi
18 Jan 2021 - 06:12 WIB

REDELONG - Banjir bandang disertai tanah longsor menerjang pemukiman penduduk, di Kampung Wihni Durin, Kecamatan Syiah Utama, Kabupaten Bener Meriah.

Nasaruddin Reje Kampung Wihni Durin mengatakan, Peristiwa bencana Alam terjadi pada Sabtu (16/1/2021) sore, sekitar pukul 17.00 WIB.

"Sebanyak Delapan 8 Unit rumah semi permanen dan terbuat dari kayu milik warga rusak, bahkan ada yang roboh rusak total", kata Nasaruddin Kepala Desa Wihni Durin, Kecamatan Syiah Utama.

Nasaruddin menyebutkan, dari Delapan unit Rumah yang rusak, diantaranya Tiga rumah warga rusak berat akibat banjir bandang milik Albirri, M Yusuf dan Afrijal Siregar.

Sedangkan lima rumah warga yang mengalami rusak ringan adalah milik Sigit Wahyudi, Iswadi, Samsul Bahri, Salman Farisi dan Supriadi.

"Alhamdulillah dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa, namun kerugian matriil diperkirakan mencapai 70 jutaan rupiah,".

Lebih lanjut Nasrudin mengatakan bencala alam banjir bandang terjadi akibat curah hujan dalam beberapa hari dengan intensitas tinggi sehingga turunnya tanah longsor dari perbukitan sehingga menimbun beberapa rumah warga di Kamoung Wihni Duren.

Sementara itu, Komandan Kodim (Dandim) 0119/Bener Meriah, Letkol Inf Valyan Tatyunis membenarkan kejadian tersebut dan langsung meninjau ke lokasi bersama 30 Orang personel Kodim 0119/BM.

"Puluhan personel dikerahkan ke TKP membantu membersihkan sisa material bersama warga setempat sambil menunggu datangnya alat berat untuk membersihkan badan jalan" tutur Dandim.

Akibat Banjir Bandang, Jembatan yang menghungkan Dusun Arul Item dengan Dusun Arul Munte Kampung Wihni Duren untuk sementara tidak dapat di lalui, begitupun Aliran listrik di Desa tersebut padam, dikarenakan beberpa tiang listrik roboh.

"Tapi kami sudah lakukan koordinasi dengan pihak BPBD, yang terjun kelokasi untuk mendata kerugian tersebut, apa-apa saja kebutuhan yang diperlukan terkait kejadian itu," tutup Dandim kepada Media.

Dandim 0119/BM Letkol Inf Valyan Tatyunis bersama Bupati Bener Meriah Sarkawi dan Forkopimda meninjau tempat terjadinya bencana alam banjir bandang di Kampung Wihni Durin, Kecamatan Syiah Utama, Kabupaten Bener Meriah.

Di lokasi banjir, Bupati Bener Meriah Sarawi memberikan bantuan kepada warga yang terkena bencana Alam Banjir Bandang.
KOMENTAR