Hari Pahlawan 2020, Momentum Berjuang Melawan Berbagai Permasalahan Bangsa

author photoRedaksi
10 Nov 2020 - 18:50 WIB

BANDA ACEH – Gubernur Aceh Nova Iriansyah, mengajak seluruh rakyat Aceh untuk berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham- paham radikal dan termasuk berjuang melawan pandemi covid-19 yang saat ini melanda dunia.


Ajakan itu disampaikan Nova melalui sambutan Menteri Sosial Indonesia, Juliadi P Batubara, saat memimpin upacara memperingati Hari Pahlawan tahun 2020 di Halaman Kantor Gubernur Aceh, Selasa 10/11.


"Para pejuang di masa lalu berjuang dengan mengangkat senjata. Di masa sekarang, perjuangan dilakukan untuk melawan berbagai permasalahan bangsa," kata Nova.


Hari pahlawan kata Nova kiranya tidak hanya sekadar diingat pada setiap tanggal 10 November saja. Lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan negara kesatuan republik Indonesia perlu terus dikenang sepanjang masa. Hal itulah sesuai dengan tema hari pahlawan tahun 2020 yaitu Pahlawanku Sepanjang Masa.


"Apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka," ujar Nova.


Karena itu, nilai-nilai kepahlawanan seperti gotong royong perlu terus dirawat dan dipupuk agar dapat tumbuh bersemi di dalam hati sanubari setiap rakyat Indonesia. Semangat kepahlawanan lanjut Nova, harus dijadikan sebagai motor penggerak dalam upaya mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan cita-cita pendiri negeri.


"Yakin apabila setiap anak bangsa Indonesia tertanam semangat dan nilai-nilai kepahlawanan tersebut, maka kita akan dapat menyelesaikan berbagai masalah bangsa," kata Nova.


Nova mengajak seluruh masyarakat untuk berkontribusi kepada bangsa dan negara dengan menjadi pahlawan masa kini yang memiliki empati untuk menolong sesama, saling menghargai dan menghormati satu sama lain.


"Kita lanjutkan perjuangan para pahlawan dengan bersatu, bergotong royong mengisi kemerdekaan membangun negeri. Jangan sia-siakan perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi bumi pertiwi ini," ujar Nova.


Peringatan Hari Pahlawan tahun 2020 diperingati di tengah mewabahnya pandemi covid-19. Kegiatan yang dilaksanakan secara terbatas itu tetap berlangsung khidmat.


Pangdam Iskandar Muda, Kapolda, Kakanhan dan Kabinda Aceh ikut dalam upacara tersebut. Dari unsur pemerintahan, Asisten I, Kepala Dinas Sosial, Kepala Kesbangpol, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh dan para pimpinan SKPA lainnya. []


Ket foto :

Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menjadi Inspektur Upacara Memperingati Hari Pahlawan Tahun 2020 yang bertema "Pahlawanku Sepanjang Massa" di Halaman Kantor Gubernur Aceh, Banda Aceh, Selasa, (10/11/2020).

KOMENTAR