PKD Pidie Jaya Tampilkan Berbagai Lomba Permainan

author photoRedaksi
27 Agu 2020 - 16:25 WIB

PIDIE JAYA - Pekan Kebudayaan Daerah atau PKD Pidie Jaya kali ini di gelar di kawasan Pantai Islami Trienggadeng, Kabupaten Pidie Jaya, dengan berbagai lomba dan tarian khas daerah tersebut, pada Kamis 27 Agustus 2020.

Tanah air indonesia memiliki berbagai ragam kebudayaan dan adat istiadat nya masing - masing, namun tak kalah menarik nya dengan budaya tanah rencong Aceh yang memiliki keunikan kebudayaan mereka yang masih di lestarikan dengan baik.

Di pekan kebudayaan daerah pidie jaya kali ini di pamerkan berbagai perlomba unik yang merupakan permainan pada tempo zaman dahulu yang biasa nya di mainkan oleh anak- anak Aceh, seperti lomba tarik pelepah pinang, lomba enggrang, lomba balap ban.

Sedangkan lomba lain nya yang ikut di pamerkan dalam kegiatan itu seperti top teupoeng mengunakan jengki, kukur kelapa, cara mengiling bumbu dapur mengunakan batu, serta cara menganyam tikar dari daun pandan hutan.

Kendati, semua kegiatan kali ini berjalan dengan meriah, tak kala semua para peserta yang ikut dan hadir harus wajib mengikuti protokol kesehatan, seperti mengunakan masker, menjaga jarak, serta juga di sediakan tempat mencuci tangan.

Dalam sempatan itu panitia juga ikut mensosialisasikan tentang menerapkan protokol kesehatan pada peserta bagaimana cara untuk memutuskan mata rantai virus corona atau covid-19 di Pidie Jaya, bahkan semua peserta terlihat patuh mengikuti arahan tersebut.

Sementara itu Nela Narsabila peserta PKD Pidie Jaya menyebutkan bahwa dia sangat senang bisa mengikuti acara pekan kebudayaan daerah atau PKD kali ini dengan bertambah nya ilmu pengetahuan akan tentang budaya khas tanah rencong aceh yang masih di lestarikan dengan baik oleh masyarakat nya. (Rilis)
KOMENTAR