Waspada Pendemi Covid-19 Gampong Geulanggang Panah Giat Padat Karya Tunai

BIREUEN- Pemerintah Gampong Geulanggang Panah Kecamatan Kutablang Kabupaten Bireuen, terus berupaya menjaga kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat di tengah kebijakan tanggap darurat pandemi Coronavirus Desease 2019 (Covid-19).

Selain menyiapkan jaring pengaman sosial, pemerintah Gampong Geulanggang Panah, juga melaksanakan program padat karya tunai desa. Program ini ditujukan untuk menjaga daya beli masyarakat, khususnya masyarakat miskin di Gampong Setempat. 

Dikatakan Keuchik Gampong Geulanggang Panah Kecamatan Kutablang, Multazami Abu Bakar S. Pd, Kepada Media TheAtjehNet Minggu (19/4'2020), dalam rapat terbatas meminta kepada seluruh perangkat serta lembaga tuha peut dan tuha lapan, agar pelaksanaan program padat karya tunai dilaksanakan sesuai dengan surat edaran Mendes RI, dipercepat dan lebih diperbanyak sehingga dapat membuka lapangan kerja dan menjaga daya beli masyarakat desa. Sebut Keuchik Multazami, program tersebut dapat mendukung jalannya program padat karya tunai Desa. 

Padat karya tunai," lanjut Multazami, juga dapat diterapkan secara masif menggunakan skema dana desa. Menurutnya pemanfaatan dana desa dalam situasi saat ini dapat di manfaatkan untuk dua hal, yaitu sebagai bantuan sosial bagi warga terdampak serta sebagai program padat karya tunai di desa katanya.

Dalam kegiatan hari ini, Keuchik Multazami turut menghimbau masyarakat Geulanggang Panah, Sebagaiman cara pencegahan Covid-19, harus sering cuci tangan pakai sabun, selalu gunakan masker, bila batuk atau pilek, hati-hati, hindari kontak dengan hewan, harus sering konsumsi makanan bergizi yang seimbang, perbanyak makan sayur dan buah buahan, rajin ber olahraga, Istirahat yang cukup, jangan menkonsumsi daging yang tidak dimasak, bila batuk, pilek dan sesak nafas segera ke fasilitas kesehatan terdekat, 

Sebagaimana diketahui tanda tanda Gejala Pendemi Covid-19 diantaranya, Demam, Batuk, Pilek, Gangguang Pernafasan, Sakit Tenggorokan, Letih, Lesu. Multazami juga menegaskan kegiatan hari ini merupakan kegiatan Padat Karya Tunai, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penyomprotan Disinfektan, membagikan 300 masker kepada Masyarakat Gampong Geulanggang Panah.

Sementara itu Camat Kecamatan Kutablang Muksen S, Ag sering disapa Muksen Dancing, turut di dampingi ibuk Ketua PKK Kecamatan. Nur Aina Amd Kep, mengapresiasi Keuchik dan Perangkat Desa Geulanggang Panah yang telah melaksanakan program padat karya tunai desa, Dancin juga berharap seluruh keuchik di Kecamatan kutablang terus berupaya meningkatkan program padat karya tunai desa, sesuai dengan peraturan Presiden dan mendes RI yang diterapkan secara masif menggunakan dana desa. Menurutnya pemanfaatan dana desa dalam situasi saat ini dapat di manfaatkan sebagaimana dimaksut, yaitu sebagai bantuan sosial bagi warga terdampak Covid-19, serta sebagai tindak lanjut program padat karya tunai desa,"terang Camat Dancin.

Pantoan Media TheAtjehNet di lokasi Kegiatan, dampak Hadir pada kegiatan tersebut. Camat Kecamatan Kutablang. Musksen S.Ag,Kapol Sub Sektor Kutablang, Aiptu Jusman, Briptu Danil Masriyal, Danpos Koramil Kutablang. Pelda Zulfuedi, Babinsa Kudri, kepala Puksemas Kutblang, Mursal, SKM. Dan Satgas Covid-19 dari TPP-P3MD.(MS)
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru