SMPIT Raudlatul Jannah Terapkan Pembelajaran Online untuk Siswa/siswi

BLANGKEJEREN - Sebagai langkah antisipatif pencegahan penyebaran Covid-19, serta berdasarkan surat edaran Kemendikbud, Gubernur Aceh, Bupati Gayo Lues, dan Disdik Kabupaten Gayo Lues,  perihal penggantian pembelajaran di rumah, SMP Islam Terpadu Raudlatul Jannah telah menyiapkan teknis pembelajaran siswa selama di rumah melalui sistem online.  

Kepala sekolah, Deni Hartawan, S.Pd.I, mengatakan bahwa ikhtiar agar siswa tetap belajar di rumah, guru telah mempersiapkan pembelajaran online dengan jadwal yang telah disusun. sebanyak 35 tenaga pendidik kami telah mepersiapkan dan kita bekali dalam masalah pembelajaran online ini dengan menggunakan sebuah aflikasi yang sudah ada ," ungkapnya. 

Deni menambahkan, untuk materi pembelajaran selama siswa di rumah, akan dibagikan melalui grup kelas dan melalui media social ( WA ). "Jadi, alur koordinasinya itu, materi disiapkan guru maple seperti biasa dengan menggunakan google form. Kemudian disampaikan kesiswa langsung secara online seperti press video conference," paparnya. 

 Selaku Kepala sekolah, Deni menjelaskan bahwa bahan Mata Pelajaran (Mapel) yang dipersiapkan guru-guru selama anak di rumah meliputi materi tugas bahan bacaan, PPT, latihan soal, resume sub pokok bahasan, yang kemudian akan dibagikan langsung melalui system pembelajaran online. 

"Bagi guru yang memiliki no ID Zoom Cloud Meetings, juga bisa digunakan membagikan materi. Intinya, pembelajaran online itu bersifat massal, serta dibuat untuk menjawab tantangan globalisasi dalam menghadapi penggunaan jaringan internet secara bijak serta langkah konkrit partisipasi orangtua dalam mengontrol  belajar anak. Terlebih, ketika sedang belajar, selesai mengerjakan, nilai, analisis siswa kemungkinan besar langsung bisa dimunculkan. Jadi, kalau ada siswa yang tidak belajar atau mengerjakan tugas akan kelihatan secara langsung," pungkasnya.
 
Sebagaimana dalam surat himbauan, bahwa selain mengganti belajar di rumah, aktivitas salat duha dan fardlu serta Proses pembelajaran Tahfidhul Qur'an juga bisa dipantau langsung oleh guru. 

Selain itu, siswa SMP IT Raudlatul Jannah tidak diperkenankan melakukan kegiatan di luar rumah, menganjurkan pola hidup sehat dengan makan makanan bergizi, banyak konsumsi air putih dan vitamin, istirahat cukup dan juga olah raga teratur.  Hal itu sebagai tertuang dalam 12 butir hibauan resmi yang telah diedarkan kepada masyarakat secara umum oleh pemerintah daerah kabupaten Gayo Lues.

(Kamsah Galus).

Teks:
-Kepala sekolah SMPIT Raudlatul Jannah:Deni Hartawan S.P.di
-Dewan guru SMPIT,sedang melaksanakan pelatihan pembelajaran online
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru