KONI Aceh Gelar Rakor KONI Provinsi se- Sumatera

author photoRedaksi
14 Mar 2020 - 12:03 WIB

THE ATJEH NET, BANDA ACEH - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh menggelar Rapat Koordinasi KONI Provinsi se- Sumatera dalam rangka penyusunan regulasi menuju pelaksana Porwil ke- XI Tahun 2023 yang berlangsung di Banda Aceh, Jum'at (13 Maret 2020) malam.

Plt Gubernur Aceh, Ir H Nova Iriansyah MT dalam sambutannya yang disampaikan oleh Staf Ahli Gubernur Aceh bidang keistimewaan SDM dan hubungan kerjasama, Darmansyah S Pd MM mengatakan, sangat erat kaitannya berlangsungnya rakor KONI se- Sumatera membahas seluruh mekanisme kesiapan karena jarak antara pelaksanaan Porwil ke- 11 Tahun 2023 dengan PON  ke- 21 hanya satu tahun.

Oleh sebab itu, ada banyak hal yang perlu kita rumuskan bersama dalam penentuan cabang olahraga yang diperlombakan, persiapan venue, pemantapan kerja publikasi dan promosi, persiapan lokasi penginapan atlit dan kebijakan mutasi atlet yang kerap merugikan daerah lain agar tidak terulang kembali serta soal pemindahan atlit harus memenuhi ketentuan yang berlaku.

"Pemerintah Aceh juga sangat mendukung penuh kebijakan yang akan diputuskan nantinya dengan harapan pelaksanaan dua event dapat menjadi momentum bagi kita bersama untuk mendorong terciptanya prestasi olahraga terbaik  nasional di tingkat dunia," ujarnya.

Wakil III Ketua Umum Bidang Organisasi KONI Pusat, Mayjen TNI (Pur) Soedarmo mengatakan, Kesiapan Porwil yang sudah berjalan 10 kali belakang selama ini tanpa adanya regulasi yang tetap tetapi dapat berjalan baik juga, perlu adanya pembahasan regulasi yang tepat kedepan dalam pertemuan rakor ini bersama ketentuan yang juga harus sama dengan KONI se- Sumatera. 

"Penyusunan penetapan regulasi ini dengan harapan dapat mengacu untuk PON yang akan datang khususnya Aceh sehingga dapat mengakomodir seluruh KONI se- Sumatera," ungkapnya.

Ketua Umum KONI Aceh, H Muzakir Manaf mengatakan, mekanisme yang ada memang sudah dibahas sebelumnya, namun seluruh regulasi masih perlu dibahas kembali untuk mempertegas susunan perbaikan bersama jumlah cabang olahraga yang akan di pertandingkan dan penetapan tuan rumah Porwil kedepan.

Sementara itu, Ketua Panitia,Teuku Rayuan Sukma juga menambahkan, pertemuan rakor ini juga diikuti peserta dari 9 provinsi guna membahas menyangkut sistem bidding Porwil yang secara begilir guna kesiapan PON, kesiapan jumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan, mutasi atlit, rencana pembentukan Kaukus se- Sumatera, penetapan kepengurusan dan mempersiapkan AD/ART Kaukus KONI se- Sumatera serta materi penting yang menyangkut regulasi dalam menghadapi Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera XI Tahun 2023 di Aceh agar berjalan maksimal didaerahnya masing-masing. (Ulan)
KOMENTAR