Dr Mutia Fitri Siapkan Dokter Terlatih dan Tenaga Medis serta Ruang Isolasi Khusus

author photoKamsah
17 Mar 2020 - 15:50 WIB

BLANGKEJEREN - Penyebaran virus corona yang begitu cepat, membuat Pemerintah Daerah mulai melakukan antisipasi. Salah satunya dengan  menyiapkan ruang tindakan untuk penanganannya. 

Di RSUD misalnya, saat ini tim medis menyiapkan ruangan isolasi khusus . Di ruangan itulah nanti akan dilakukan assesmen, pemeriksaan penunjang dan pemeriksaan lainnya dilakukan di ruang tersebut. Bila ada pasien yang dicurigai terjangkit virus corona maka tidak melalui IGD melainkan langsung ke ruangan isolasi tersebut. 

"Dengan begitu maka akan membatasi orang-orang yang berkontak, termasuk juga akan fokus pada pasien," ujar, dr. Mutia Fitri

Pemeriksaan tersebut akan dilakukan dengan pengambilan sampel sebanyak tiga kali yang diambil satu hari satu sampel pemeriksaan. Setelah itulah, baru ditentukan apakah pasien yang dicurigai tersebut positif tertular virus corona atau negatif.

Kemudian dari sisi kesiapan SDM, juga telah disiapkan tim medis mulai dari dokter spesialis penyakit dalam, spesialis paru, dokter anak serta perawat dan tenaga medis lainnya yang memang sudah terlatih. 

"Untuk SDM, kita memiliki dokter spesialis paru, spesialis penyakit dalam ada banyak, dokter anak, dan lainnya yang memang sudah dilatih khusus untuk kasus-kasus infeksi saluran pernafasan seperti ini. Kemudian perawat dan tenaga kesehatan lainnya juga sudah disiapkan," sampainya.

Ditambahkannya, bagi pasien yang sedang dilakukan isolasi tentunya tidak diperbolehkan dijenguk ataupun ditunggu oleh keluarga guna mengantipasi terjadinya paparan penularan. Ujarnya. (Kamsah Galus)
KOMENTAR