PESAWAT Gelar Pelatihan Jurnalistik

ACEH TIMUR --- Persatuan Wartawan Aceh Timur (PESAWAT) menggelar pelatihan Jurnalistik dengan mengangkat tema meningkatkan Integritas dan Profesionalitas Jurnalistik dalam mendukung Pembangunan Aceh Timur yang lebih baik, Sabtu 28 Desember 2019.

Kegiatan tersebut digelar di Royal Hotel idi yang diikuti sebanyak 50 pekerja kuli tinta di Aceh Timur dari berbagai organisasi seperti  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh Timur, Jurnalis Muda Aceh (JMA) ,Persatuan Wartawan Online (PWO) dan Jaringan Jurnalis Independen Aceh Timur (JJIAT).

Dalam pelatihan itu, PESAWAT  menghadirkan Tiga pemateri yaitu Koordinator Liputan Zero TV yang juga mantan wartawan senior SCTV dari Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Provinsi Aceh, Fery Efendi, Redaktur Eksekutif harian Serambi Indonesia dan juga sebagai Pembina Forum Aceh menulis (FAME) beserta  Ketua yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Safaruddin SH.

Ketua Persatuan Wartawan Aceh Timur  (PESAWAT), Seni Hendri SH, saat memberikan sambutan mengatakan, menggelar pelatihan jurnalistik  merupakan Program PESAWAT sebagai bentuk pembinaan Jurnalis dalam meningkatkan  Integritas  dan Profesionalitas Jurnalistik para insan pers di Aceh Timur.

''Tantangan jurnalis saat ini sangat berat dan penuh resiko, jika tidak hati-hati, Orang yang merasa dirugikan nama baiknya oleh pemberitaan umumnya tidak lagi memberikan hak  jawabnya , Namun langsung membuat pengaduan ke pihak penegak hukum dan hal ini juga dialami oleh rekan-rekan jurnalis Aceh Timur, maka dengan adanya pelatihan ini semoga dapat meningkatkan integritas dan Profesionalitas insan pers dalam meningkatkan karya-karya jurnalistik dan terhindar dari jeratan hukum '' Kata Seni Hendri.

Dirinya menambahkan hubungan kuli tinta dengan Pemerintahan sangat erat dalam mengawasi pembangunan khususnya di Kabupaten Aceh Timur.

''Hubungan Jurnalis dengan Pemerintah sangat erat berdasarkan pasal 6 huruf D UU Pers No 40 Tahun 1999 disebutkan bahwa insan pers melakukan pengawasan, Kritik,Koreksi dan saran terhadap hal-hal yang berkaita dengan kepentingan Umum," Jelas Ketua PESAWAT. 

Pelatihan  itu dibuka langsung oleh Asisten III Setdakab Aceh Timur, Muhammad Amin SH,MH, dan turut dihadiri Kasubag Min Ops Polres Aceh Timur, AKP Kawit, Ketua Pengadilan Idi Apriyanti, SH, MH, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Idi, Andy Zulanda, SH, Dan para lembaga yang ada di Aceh Timur maupun peserta yang mengikuti pelatihan tersebut.()
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru