Wabup Fauzi Yusuf Tekankan Prioritas Dana Desa untuk Pemberdayaan Masyarakat

author photoBphat Umar
15 Nov 2019 - 19:05 WIB

ACEH UTARA - Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf mengajak para perangkat gampong dan seluruh stakeholder  terkait untuk menitikberatkan penggunaan dana desa dalam bidang pemberdayaan masyarakat untuk kemajuan ekonomi.
Hal itu disampaikannya mengingat selama ini ada kecenderungan di setiap gampong prioritas penggunaan dana desa lebih banyak pada bidang infrastruktur. Bahkan sejak pertama dana desa bergulir masih saja membangun infrastruktur hingga sekarang, padahal ada infrastruktur tersebut yang tidak menyentuh langsung bagi kemaslahatan dan pemberdayaan masyarakat.

Saat ini di setiap gampong hendaknya sudah berdiri Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) yang dibentuk melalui payung hukum qanun di setiap gampong. Unit usaha ini dapat menjadi pilar pemberdayaan ekonomi masyarakat di gampong-gampong, dan digerakkan dengan ploting anggaran dari dana desa. 

Demikian antara lain diungkapkan Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf ketika melakukan silaturahmi sekaligus evaluasi dan diskusi terkait dengan kinerja perangkat gampong dan perangkat kecamatan, dilaksanakan di aula Kecamatan Tanah Jambo Aye, Rabu, 13 November 2019.

Kegiatan itu dihadiri oleh seluruh unsur perangkat gampong dan kecamatan dalam Kecamatan Tanah Jambo Aye, terdiri dari geusyik, ketua tuha peut, imum meunasah, imum mukim, imum masjid, ketua pemuda gampong, ketua KNPI Kecamatan, pendmaping desa dan pendamping lokal desa, tenaga sosial kecamatan, pendamping PKH, IPSM Kecamatan, serta seluruh jajaran pejabat Muspika setempat.

Sementara dari pejabat Kabupaten Aceh Utara, di antaranya hadir Asisten Pemerintahan, Keistimewaan dan Kesra Dayan Albar, SSos, MAP, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan KB Fakhruradhi, SH, MH, Inspektur M Nasir, SSos, Kepala BPKD Dra Salwa, Kabag Pemerintahan Mukim dan Gampong Safrizal SSTP,  Kabag Umum dan Perlengkapan Fauzan, SSos, Kabag Pemerintahan Alfian, SE, dan Kabag Humas Andree Prayuda, SSTP, MAP.

Lebih jauh Fauzi Yusuf juga meminta agar 10 persen dana desa dianggarkan untuk pembinaan bidang kesehatan di gampong-gampong, misalnya untuk penyuluhan kesehatan dan mengatasi isu anak stunting yang sedang digerakkan secara nasional. 

"Saya minta bidan desa dan Kepala Puskesmas ikut dilibatkan dalam setiap musyawarah perencanaan pembangunan gampong," pinta Fauzi.
"Harapan juga kami sampaikan kepada geuchik dan tenaga pendamping harus saling harmonis dan membangun sinergitas dalam penggunaan dana desa dan penyelenggaraan pemerintahan," harapnya.

Kegiatan evaluasi terhadap kinerja perangkat gampong sekaligus silaturahmi ini dilaksanakan dalam rangka 2,5 tahun kepemimpinan Bupati H Muhammad Thaib dan Wabup Fauzi Yusuf memimpin Aceh Utara. 

"Kami ucapkan terimakasih atas kinerja dan bantuan perangkat, baik di tingkat kecamatan maupun desa. Kegiatan evaluasi ini akan kita lakukan setiap tahunnya sebelum kegiatan Musrenbangdes untuk mengevaluasi dan melihat kinerja perangkat serta dapat saling sharing untuk penggunaaan desa," tegas Fauzi lagi. []
KOMENTAR